Kriteria Calon Menteri Jokowi, Usia 20-30 Tahun dan Berparas Cantik

Kriteria Calon Menteri Jokowi, Usia 20-30 Tahun dan Berparas Cantik
Pak Jokowi. Foto: Instagram jokowi

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Sekretaris Tim Kampanye Pemenangan Jo­kowi-Ma’ruf, Ahmad Rofiq mengungkap salah satu kriteria calon menteri dalam kabinet Jokowi nanti (jika menang Pilpres 2019) ialah muda dan cantik.

Rofiq mengatakan Jokowi ingin kabinet di periode keduanya terlihat lebih segar. Untuk mewujudkan hal itu, Jokowi berburu calon menteri berusia antara 20 sampai 30 tahun. Jika itu perempuan, harus matang dan punya paras cantik. “Anak muda. Perempuan, cantik, matang,” kata Rofiq dalam dis­kusi bertajuk “Pemuda, Mana Sua­ramu!?” yang digelar di Menteng, Jakarta, Sabtu (11/5).

Menurut pria yang juga menjabat Sekjen Perindo ini, pembahasan ka­­binet sudah dimulai sejak akhir April saat Jokowi menggelar pertemuan dengan para sekjen partai koalisi. Memang yang dibahas masih hal-hal ringan. Belum sampai menyebut nama atau inisial. Pasalnya, Jokowi juga masih fokus menyelesaikan sisa pemerintahannya sampai Oktober nanti.

(Baca Juga: Jika Grace Natalie jadi Menteri...)

"Dalam pertemuan itu, Jokowi antara lain mengungkapkan niatnya mengajak anak muda sebagai menteri. Salah satu kriteria yang disebutkan adalah usianya antara 20-30 tahun. Itu baru kriteria, belum menyebut nama," tutur Rofiq.

Karena itu, partainya pun kini ikut mencari sosok yang pas seperti yang diinginkan Jokowi. Rofiq menilai, kriteria ini membuktikan Jokowi punya kepedulian terhadap anak muda. Selama ini, ia mengakui generasi muda kurang mendapat apresiasi di tingkat politik nasional. Penyebabnya, karena tingginya politik transaksional.

jungnya, generasi muda idealis kurang mendapat porsi. “Harus ada perubahan signifikan dari sistem politik sekarang. Sehingga anak muda juga memiliki tempat dan masa depan yang lebih baik,” katanya. (bcg)


Rofiq mengatakan Jokowi ingin calon menteri yang masih muda agar kabinetnya lebih segar.


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News