Kritik Balik buat Fadli Zon soal Anggaran BMKG, Jleb Banget

Kritik Balik buat Fadli Zon soal Anggaran BMKG, Jleb Banget
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Inas Nasrullah Zubir. Foto: Humas DPR for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPP Partai Hanura Inas N Zubir mengkritik cibiran Wakil Ketua DPP Partai Gerindra Fadli Zon tentang anggaran penanganan bencana alam. Ketua Fraksi Hanura DPR itu mengatakan, berbicara politik anggaran berarti harus melihat persoalan secara menyeluruh, termasuk kemamouan APBN.

"Sayangnya, Fadli Zon menjadikan anggaran BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofidika, red) dan bencana di Indonesia hanya sebagai alat politik. Tujuannya membuat opini bahwa anggaran BMKG dipotong oleh pemerintah setiap tahun," ujar Inas di Jakarta, Sabtu (5/1).

Influencer di Tim Kampanye Nasional Joko Widodo - KH Ma’ruf Amin (TKN Jokowi -Ma’ruf) itu lantas memaparkan besaran anggaran bagi BMKG yang terus bertambah setiap tahun. Pada 2016, katanya, BMKG mengajukan anggaran Rp 2,3 triliun dalam rencana kerja anggaran (RKA).

Namun, yang disetujui DPR dan pemerintah hanya Rp 1,3 trilun. Demikian pula untuk 2017, dari usulan Rp 2,56 triliun dalam RKA, anggaran untuk BMKG dalam APBN hanya 1,45 triliun.

Sedangkan pada RKA 2018, BMKG dalam RKA mengajukan Rp 2,69 triliun. Namun, yang disetujui DPR Rp 1,70 triliun.

"Dari data yang ada sebenarnya sangat jelas nampak anggaran BMKG setiap tahun naik," ucap Inas.

Karena itu Inas menyayangkan Fadli Zon yang terkesan tidak memahami mekanisme pembahasan RAPBN. Menurutnya, RKA masih sebatas rencana yang harus dibahas di DPR dengan melibatkan menteri keuangan sebagai wakil pemerintah.

“Ketika ada pengurangan, bisa saja itu dilakukan oleh DPR atau menteri keuangan untuk disesuaikan dengan pendapatan negara," katanya.

Ketua DPP Partai Hanura Inas N Zubir menyatakan, Fadli Zon sebagai wakil ketua DPR ikut menandatangani besaran anggaran untuk BMKG.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News