Kronologis Plang Kantor Polisi Bersama RI & Tiongkok, Oooh

Kronologis Plang Kantor Polisi Bersama RI & Tiongkok, Oooh
Plang kantor polisi bersama Tiongkok dengan Polres Ketapang yang beredar di media sosial, Kamis (12/7). Foto: Warganet for Rakyat Kalbar

jpnn.com, KETAPANG - Beredar foto plang atau plakat kantor polisi bersama Polri dengan Biro Keamanan Publik Republik Rakyat Tiongkok Provinsi Jiangsu Resor Suzhou, lokasi di Kabupaten Ketapang, Kalbar.

Tulisan besar di plang tersebut ‘Kantor Polisi Bersama’. Di atas plakat ada gambar bendera Indonesia berdampingan dengan bendera Tiongkok. Kemudian di bawahnya bertuliskan ‘Polisi Negara Republik Indonesia Provinsi Kalimantan Barat Kabupaten Ketapang, Biro Keamanan Publik Republik Rakyat Tiongkok Provinsi Jiangsu Resor Suzhou, Ketapang Ecology and Agriculture Forestry Industrial Park.

Tidak cuma tulisan berbahasa Indonesia, terdapat pula tulisan Mandarin, serta lambang Polri dan Kepolisian Tiongkok.

Ketika dikonfirmasi, Kapolres Ketapang AKBP Sunario menepis ada dibangunnya kantor polisi bersama itu.

“Ceritanya begini. Tadi pagi mereka mengunjugi salah satu perusahaan dari Cina yang bernama BSM, yang berada di depan Polres Ketapang. Kemudian mereka juga berkunjung ke Polres Ketapang,”ceritanya kepada Rakyat Kalbar (Jawa Pos Group), Kamis malam (12/7).

Sesampainya di Mapolres, mereka menawarkan kerja sama. Kerja sama belum ada, namun pihak Tiongkok sudah membuat contoh plang yang saat ini beredar dunia maya.

“Saya terkejut tiba-tiba dalam pertemuan itu langsung ditawari kerja sama membentuk Kantor Kepolisian Bersama antara Republik Indonesia dan Republik Rakyat Tiongkok, dan langsung membawa contoh plakat,” terangnya.

Tentu saja Sunario menolak ajakan kerja sama tersebut. Pasalnya, dirinya tidak memiliki kewenangan akan hal itu.

Foto plang kantor polisi bersama Polri dan Kepolisian Tiongkok beredar di dunia maya, Kapolres Ketapang AKBP Sunario membeberkan kronologisnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News