Kuliner Nusantara Menggoyang Lidah Warga Australia

Kuliner Nusantara Menggoyang Lidah Warga Australia
Suasana stan Wonderful Indonesia di ajang Araluens Chili and Avocado Festival 2017, Perth Australia, Sabtu (11/3). Foto: Kemenpar

jpnn.com, PERTH - Pemandangan mengharukan terlihat di perhelatan Araluens Chili and Avocado Festival 2017, Perth Australia, Sabtu (11/3). Bertempat di Mc Callum Park, empat stan yang berisi kuliner khas Indonesia dan materi promosi Wonderful Indonesia dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) diserbu masyarakat di kota sebelah barat Benua Australia itu.

Para pengunjung yang memadati acara kuliner di Australia itu tumpah ruah mendatangi empat stand Wonderful Indonesia. ”Beginilah uniknya masakan Indonesia, dengan bumbunya yang sangat terasa, harumnya pun menggoda. Ini membuat orang ingin merasakan nikmatnya masakan Indonesia,” ujar Chef International asal Perth, Rene Enjolras yang hari itu dipercaya menjadi koki untuk memperagakan masakan di depan panggung utama acara tersebut.

Empat stan yang disewa kementerian di bawah komando Arief Yahya itu memang tampil beda. Stan yang terbuka dan dibalut dengan bendera merah putih itu dikelilingi oleh branding Wonderful Indonesia. Lokasinya juga berada paling depan di dekat pintu masuk.

Jika para penggila makanan itu masuk di pintu utama, stan yang paling terdekat dari pintu adalah milik Kemenpar. Isinya adalah sajian menyediakan puluhan makanan khas Indonesia dengan bumbu asli tanah air.

Kemenpar memberikan ruang untuk tebar pesona kepada ketiga restoran asal Indonesia yang eksis di Perth. Yakni Bintang, Fluffy Lamb dan Dapoer Van Java, serta satu lagi stans yang berdiri sebagai materi promosi 10 destinasi prioritas dan dikombinasikan dengan destinasi-destinasi unggulan lainnya terutama Bali.

Masyarakat Perth yang mengunjungi stan Indonesia pun terlihat antusias. Setalah menghampiri stan masakan Indonesia, mereka terdiam, tersenyum dan langsung menikmati masakan-masakan nusantara yang disediakan oleh ketiga restoran itu.

”Masakan Indonesia itu masaknya sangat mudah, rasanya fantastis, mereka mengagumi bumbu yang kuat dari masakan Indonesia. Banyak dari masyarakat Perth yang juga terkejut mendengar selera orang Indonesia terhadap rasa pedas. Jadi masakan Indonesia itu sangat lengkap,” ujar koki asal Prancis yang tinggal di Perth itu.

Saat memperagakan memasak masakan Indonesia di depan panggung, Rene didampingi Managing Director Good Indonesia Food Astrid Maharani Prajogo.

Astrid mengatakan, Indonesia memiliki jumlah berlimpah makanan otentik dengan lebih dari 5350 resep asli tradisional yang telah menjadi warisan bangsa. Menurutnya, dalam setiap piring makanan mengandung sejarah yang kaya karena Indonesia adalah tempat pertemuan antara banyak budaya kuno.

Masakan Indonesia adalah salah satu yang terbaik di dunia karena sangat meriah, penuh warna dan cita rasa bumbu yang kuat. Sebagai rumah bagi lebih dari tiga ratus etnis, Indonesia memiliki berbagai masakan dengan rentang yang sangat luas dari berbagai karakter.

”Di beberapa daerah karakter masakannya sangat dipengaruhi oleh China, yang lain dipengaruhi oleh Timur Tengah serta India dan di oleh berbagai masakan Eropa seperti Belanda, Portugis dan Spanyol. Namun kesamaan antara satu sama lain adalah rasa cinta yang sangat besar terhadap campuran rempah-rempah sebagai racikan bumbu untuk memperkaya rasa terhadap bahan-bahan yang kita gunakan. Jadi datanglah ke Indonesia dan nikmatilah makanan kami,” ujar Astrid di depan para pengunjung masyarakat Perth.

Pemandangan mengharukan terlihat di perhelatan Araluens Chili and Avocado Festival 2017, Perth Australia, Sabtu (11/3). Bertempat di Mc Callum Park,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News