Kunjungi Amerika, Sandiaga Kantongi Ilmu Atasi Banjir Jakarta

Kunjungi Amerika, Sandiaga Kantongi Ilmu Atasi Banjir Jakarta
Sandiaga Uno. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sandiaga Uno mengungjungi Marine and Science Center, Global Resilience Center dan Urban Planning di Northeastern University, Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, Jumat (18/08). Ada beberapa hal yang menjadi catatan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih itu dari kunjungannya di pusat riset dan pendidikan kelautan itu.

Sandi mengaku memperoleh masukan mengenai pengelolaan kawasan pesisir. Hal itu bisa bermanfaat untuk pembangunan wilayah utara DKI Jakarta.

"Dapat exposure tentang pengelolaan pesisir yang berkelanjutan dengan mengadopsi pendekatan teknologi tepat guna. Tentunya ini bisa diaplikasikan untuk mengembangkan kawasan pesisir Jakarta," ujar Sandi dalam pesan elektronik yang diterima, Sabtu (19/8).

Politikus Partai Gerindra itu juga mengunjungi Global Resilience Center yang merupakan pusat penelitian ketahanan masyarakat. Dari kunjungan di lembaga yang bertujuan meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana itu Sandi memperoleh masukan jika Jakarta menghadapi keadaan darurat. 

"Sebagai kota metropolitan Jakarta rentan terhadap berbagai macam kondisi darurat seperti banjir dan bencana lainnya," ucapnya.

Menurut Sandi, kesiapsiagaan sangat diperlukan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya kondisi darurat. Seluruh lapisan masyarakat harus dilibatkan agar penanggulangan kondisi darurat bisa berjalan dengan maksimal.

Sandi juga menyempatkan hadir memberikan sambutan dalam diskusi Research on Urban Policy and Planning in Jakarta at Northeastern University. Diskusi itu membahas permasalahan banjir di Jakarta dari tinjauan beberapa disiplin ilmu seperti perencanaan tata kota, ilmu cuaca, antropologi dan perumahan.

Sandi dalam sambutannya mengatakan, permasalahan banjir bukan hal yang mustahil untuk diselesaikan. Diskusi dari berbagai disiplin ilmu menjadi masukan yang berharga dalam upaya pencegahan dan penanggulangan banjir di Jakarta.

Sandiaga Uno mengungjungi Marine and Science Center, Global Resilience Center dan Urban Planning di Northeastern University, Boston, Massachusetts,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News