Kyokushinkai, Perguruan Bela Diri yang Bikin Anak Displin dan Tangguh

Kyokushinkai, Perguruan Bela Diri yang Bikin Anak Displin dan Tangguh
Pimpinan Daerah PMKKKI Kepri, Daniel Samzon (paling kiri, berkaca mata) bersama pengurus dan atlet junior saat berlatih di Royal Grande Club House beberapa waktu yang lalu. F. Istimewa for batampos/jpg

jpnn.com - BATAM - Pembinaan Mental Karate Kyokushinkai Karate-Do Indonesia (PMKKKI) merupakan pelopor berdirinya karate beraliran full body contact di Indonesia. Perguruan ini didirikan Shihan Nardi T Nirwanto pada tahun 1967 yang berpusat di Batu, Malang, Jawa Timur.

"Sedangkan di Kepri dibawa Triono Wahyudi tahun 1988," ujar Pimpinan Daerah PMKKKI Kepri, Daniel Samzon kepada Batam Pos (Jawa Pos Group), Sabtu (2/7). 

PMKKKI Kepri saat ini memiliki dua dojo yang ada di Baloi Mas dan Anggrek Sari, Batam. Ada empat pelatih yang menangani sekitar 100 atlet aktif yang berlatih di dua dojo tersebut. "Zulamri, Nurizam, Syafrudin dan Julianto," sebut Daniel seperti dikutip dari batampos (Jawa Pos Group).

Tidak seperti perguruan karate di Kepri lainnya yang memiliki banyak dojo yang tersebar di Kepri dan memiliki ratusan murid, PMKKKI masih belum melebarkan sayapnya di kota dan kabupaten lainnya selain di Batam, meskipun demikian, Daniel optimis PMKKKI Kepri bisa berkembang lebih baik lagi. PMKKKI juga sudah terdaftar sebagai anggota resmi Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (FORKI). "Kami lebih utamakan kualitas daripada kuantitas," katanya. 

PMKKKI berbeda dengan perguruan karate lainnya, karate aliran Kyokushin yang merupakan ajaran PMKKKI terkenal dengan sistem full body contact. "Aliran ini memang terbilang keras karena diperbolehkan menendang kepala lawan," ungkap pria asal Jakarta ini.

PMKKKI juga melibatkan orangtua atlet, dikarenakan karate aliran Kyokushin ini sangat keras dan sangat disiplin. "Kami juga berikan program latihan dan penjelasan tentang PMKKKI kepada orangtua agar mereka tidak khawatir," jelas pria yang juga menjabat sebagai Ketua Harian Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Kepri ini.

Ia menilai perkembangan anak-anak zaman sekarang ini sangat tergantung dengan teknologi dan gadget. Akibatnya, anak-anak sekarang mudah berputus asa, cenderung malas dan pasif dalam bergerak. 

Melalui PMKKKI, pembinaan mental anak dan remaja akan ditempa dan diasah sesuai dengan moto Presiden Jokowi, yaitu revolusi mental.

BATAM - Pembinaan Mental Karate Kyokushinkai Karate-Do Indonesia (PMKKKI) merupakan pelopor berdirinya karate beraliran full body contact di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News