Ladies, ini 4 Cara Atasi Sakit Kepala Jelang Datang Bulan

Ladies, ini 4 Cara Atasi Sakit Kepala Jelang Datang Bulan
ILUSTRASI. Sakit Kepala. Foto: Laman Care2

jpnn.com - Untuk mengatasi keluhan sakit kepala menjelang haid ada beberapa cara yang bisa dilakukan, baik dengan atau tanpa obat-obatan. Salah satu yang mudah dilakukan dan dinilai sangat efektif untuk redakan nyeri kepala menjelang haid adalah berolahraga.

Tidak perlu olahraga berat atau pergi ke pusat kebugaran, cukup lakukan jenis yang ringan. Misalnya, jalan kaki, bersepeda, atau yoga di lingkungan rumah. Olahraga jenis ini bisa memperlancar peredaran darah dan juga terbukti membantu meningkatkan kadar hormon endorfin dalam tubuh.

Hormon endorfin inilah sang juru kunci yang sangat berperan memberikan rasa senang dan meningkatkan ambang rangsang nyeri. Dengan meningkatnya ambang rangsang nyeri, rasa sakit yang dialami akan jauh terasa lebih ringan.

Selain dengan olahraga, sakit kepala menjelang haid juga dapat bantu diatasi dengan beberapa cara berikut ini:

  1. Menghindari minuman berkafein, seperti teh, kopi, dan alkohol
  2. Tidur malam 7-8 jam sehari
  3.  Relaksasi dan pijatan ringan
  4. Mandi air hangat

Bila cara-cara tersebut tidak sepenuhnya membantu, konsumsi obat pereda nyeri bisa jadi solusi. Obat yang biasa digunakan meliputi nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs), dihydroergotamine (DHE), golongan triptan, dan kombinasi aspirin serta acetaminophen. Konsumsi obat-obat ini sebaiknya dilakukan di bawah pengawasan dokter dan hanya untuk periode singkat.

Mengetahui penyebab dan cara mengatasi sakit kepala menjelang haid bisa jadi solusi agar keluhan ini tidak selalu terjadi. Meski terkesan ringan, tak semua orang bisa beraktivitas jika rasa sakit masih dialami. Bila intensitas sakit kepala sangat berat dan tidak lagi dapat di atasi dengan obat dan olahraga, terapi hormon bisa jadi pilihan.

Konsultasikan dengan dokter ragam pengobatan yang tepat agar nyeri kepala bisa disingkirkan dari masa-masa menjelang siklus haid Anda.(HNS/ RVS/klikdokter)


Olahraga jenis ini bisa memperlancar peredaran darah dan juga terbukti membantu meningkatkan kadar hormon endorfin dalam tubuh.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News