Ladies, ini 5 Kiat Olahraga Saat Menstruasi

Ladies, ini 5 Kiat Olahraga Saat Menstruasi
Ilustrasi sakit perut saat menstruasi.

jpnn.com - Selama menstruasi, pada umumnya Anda yang biasanya aktif bergerak bisa saja malas untuk beraktivitas karena rasa nyeri pada perut atau pusing yang mengganggu. Meski begitu, jangan sampai Anda melewatkan olahraga yang bermanfaat bagi metabolisme tubuh selama menstruasi.

Menurut dr. Kartika Mayasari kepada KlikDokter, salah satu gangguan kesehatan yang paling sering dikeluhkan wanita saat datang bulan adalah nyeri otot menstruasi (dismenore). Kondisi inilah yang kemudian bisa mengganggu aktivitas.

“Nyeri otot saat menstruasi muncul karena dinding rahim yang berkontraksi, sehingga pembuluh darah terjepit dan menyebabkan rasa nyeri,” jelas dr. Kartika. Meski terkadang gangguan kesehatan dapat muncul selama menstruasi, dengan kiat yang tepat, Anda dapat tetap aktif dan berolahraga.

Lakukan ini saat berolahraga di masa menstruasi

Berolahraga di saat menstruasi memang tak mudah. Hal ini pun turut dirasakan oleh atlet jiu-jitsu Simone Julia, yang berlaga di Asian Games 2018 lalu. Gangguan menstruasi tentu bisa saja menghambat atlet yang akrab dipanggil Simi ini untuk bergerak lebih bebas. Namun, ia punya kiat tersendiri untuk mengatasinya.

“Saya beruntung karena belum pernah bertanding saat menstruasi. Tapi, kalaupun sedang haid tapi tetap harus bertanding atau berlatih, biasanya saya menghindari konsumsi makanan dan minuman dingin. Lebih banyak makan sup hangat atau minum air hangat,” akunya saat ditemui di tempat latihan.

Sejalan dengan apa yang dikatakan oleh Simi, bila ingin tetap aktif bergerak dan berolahraga saat datang bulan, Anda dapat mengikuti kiat-kiat berikut ini:

1. Hindari kafein dan alkohol

Olahraga terlalu berat bisa membuat siklus menstruasi kacau, atau bagi yang belum mendapatkannya, menstruasi bisa terlambat.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News