Ladies, Kenali 5 Penyebab Nyeri pada Ms V

Ladies, Kenali 5 Penyebab Nyeri pada Ms V
Ilustrasi. MS V. Foto Women Health

jpnn.com - Bila vagina terasa nyeri, berkegiatan apa pun tentu tidak akan nyaman. Mulai dari duduk, berjalan, berkendara, sampai berhubungan seksual.

Untuk itu, jangan menyepelekan jika vagina Anda terasa nyeri.

Vagina merupakan saluran dari serviks hingga vulva. Nyeri atau rasa tidak nyaman pada vagina bisa disebabkan oleh berbagai kondisi, mulai dari adanya penyakit yang mendasari atau masalah psikologis. Apa saja penyebabnya? 

Berikut ini beberapa penyebab nyeri pada vagina.

1.Herpes genital

Penyakit herpes genital merupakan infeksi menular seksual yang dapat dialami oleh pria dan wanita. Gejala utamanya adalah rasa perih, nyeri, gatal, dan terdapat ruam kemerahan hingga melenting di area kelamin. Terkadang penyakit ini tidak menimbulkan gejala apa pun.

Wanita yang mengalami herpes biasanya mengalami nyeri pada vagina disertai dengan adanya luka. Penyebab genital herpes adalah virus Herpes Simpleks (HSV). Penularan virus ini utamanya melalui hubungan seksual. Jadi jika Anda tiba-tiba mengalami benjolan atau luka pada vagina, segeralah berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter.

2.Infeksi jamur

Jika Anda mengalami nyeri pada bagian Ms V yang tidak hilang selama berhari-hari, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News