Lafran Pane Pahlawan Nasional, Ada Peran Akbar Tanjung

Lafran Pane Pahlawan Nasional, Ada Peran Akbar Tanjung
Akbar Tanjung. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, TAPSEL - Presiden Jokowi telah memberikan gelar Pahlawan Nasional kepada pendiri Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Prof Drs Lafran Pane. Keluarga Lafran Pane yang tinggal di Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumut, merasa bangga.

---
Bagi keluarga dekat Prof Drs Lafran Pane yang tinggal di kampung halaman, gelar Pahlawan Nasional yang disandang tokoh nasional asal Desa Pangurabaan, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapsel itu, merupakan kebanggaan tak terhingga.

"Ini suatu kebanggaan bagi kita semua masyarakat Tapsel dan juga Tabagsel. Karena tokoh dari daerah kita telah menyandang gelar Pahlawan Nasional. Ini tentu tak lepas dari perjuangan berbagai pihak. Terutama Akbar Tanjung bersama KAHMI dan HMI, serta Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu bersama elemen lainnya di Tapsel, serta dukungan dari Kepala Daerah lainnya termasuk Walikota Padangsidimpuan," kata M Yunus Pane (43), yang masih keluarga dekat Lafran Pane saat berbincang bersama wartawan Sumut Pos (Jawa Pos Group), Jumat (10/11).

Menurutnya, sosok Lafran Pane yang dikenal sangat sederhana dan tanpa kenal lelah harus diteladani, terutama oleh kalangan muda.

Hal senada juga diungkapkan Malawat Pane, yang juga masih kerabat almarhum Lafran Pane.

Gelar pahlawan nasional ini sebuah penghargaan yang tiada ternilai bukan hanya bagi keluarga. Namun masyarakat Desa Pangaribuan secara khusus dan Tapsel pada umumnya," ujarnya.

Sebelumnya, sebagai wujud rasa syukur atas pemberian gelar pahlawan nasional kepada pendiri HMI oleh Presiden RI Joko Widodo, pengurus Majelis Daerah (MD) Koprs Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Tapsel, menyambangi rumah kelahiran Prof Lafran Pane di Desa Pangurabaan Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapsel, Rabu (8/11) lalu.

Rombongan MD KAHMI Tapsel yang dipimpin langsung Borkat MM (Ketua) dan Ahmad Efendi Nasution S.Sos (Sekretaris) serta sejumlah unsur pengurus itu, disambut sanak saudara almarhum Prof Lafran Pane.

Lafran Pane dianugerahi gelar Pahlawan Nasional. Sosok Lafran Pane yang dikenal sangat sederhana dan tanpa kenal lelah harus diteladani.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News