Lagi, Mapala Unand Taklukkan Cartens Pyramid

Lagi, Mapala Unand Taklukkan Cartens Pyramid
Lagi, Mapala Unand Taklukkan Cartens Pyramid
PADANG - Bendera mahasiswa pecinta alam Universitas Andalas (Mapala Unand) kembali berkibar di puncak tertinggi Indonesia, Cartens Pyramid, Papua. Keberhasilan tim ekspedisi beranggota 10 orang itu, jadi kebanggaan luar biasa, karena Cartens Pyramid (4.884 MDpl) merupakan pegunungan bersalju satu-satunya di lintasan equator (khatulistiwa).

"Kami telah melakukan pendakian panjang selama hampir 7 hari. Melewati tanjakan curam, dan pada hari terakhir, dini hari, pendakian puncak kami lakukan dan tiba di Puncak Cartens tengah harinya," kata Hardi Baron Diarmy, seorang personel Mapala Unand yang ikut dalam rombongan pendakian tersebut.

Ekspedisi beranggotakan personel dari berbagai perguruan tinggi dan kelompok pecinta alam ini, disebutkan memulai perjalanan dari jalur Tembagapura, kawasan raksasa tambang emas PT Freeport. Perjalanan tim ekspedisi dimulai dari Km 68 Tembagapura menuju kawasan Zebra Wall dengan melewati Gunung Biji Timur.

Perjalanan berat dan melelahkan dirasakan tim ekspedisi saat bertolak dari Zebra Wall menuju Lembah Danau-Danau. "Pegunungan cadas dan terjal. Banyak tanjakan. Sedikit alpa, nyawa taruhannya," papar Hardi Baron yang juga pengelola wahana wisata, Lubuak Minturun Park di Padang itu, kemarin.

PADANG - Bendera mahasiswa pecinta alam Universitas Andalas (Mapala Unand) kembali berkibar di puncak tertinggi Indonesia, Cartens Pyramid, Papua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News