Lansia Bukan Masalah, Justru Potensi yang Harus Dimanfaatkan

Lansia Bukan Masalah, Justru Potensi yang Harus Dimanfaatkan
Lansia Bukan Masalah, Justru Potensi yang Harus Dimanfaatkan

Banyak orang tidak sadar, termasuk warga Australia, soal keberadaan pangsa pasar yang berkembang pesat dan diperkirakan mencapai triliun dolar secara global.

Disebut sebagai "Silver Economy" atau "Ekonomi Perak", dengan menawarkan kesempatan kerja dan menargetkan konsumen yang berasal dari penduduk usia lanjut.

Dalam beberapa tahun mendatang, mulai dari pariwisata hingga perawatan kesehatan akan semakin diarahkan dan dipasarkan pada kelompok penduduk yang jumlahnya makin banyak ini.

Peluang besar penduduk lansia

Pengusaha perempuan asal Perth, Australia Barat, Natasha Winburn-Clarke adalah satu dari mereka yang memanfaatkan ekonomi di kalangan lanjut usia.

Lansia Bukan Masalah, Justru Potensi yang Harus Dimanfaatkan Photo: Natasha Winburn-Clarke'smembuat makanan beku tanpa bahan pengawet. (ABC News: Claire Moodie)

Mantan konsultan di bidang kuliner dan minuman anggur ini telah memperkerjakan warga berusia di atas 50 tahun untuk bisnis produk makanan beku.

Natasha memulainya empat tahun lalu ketika ia dan dua anaknya sedang sakit di rumah dan Natasha harus pergi ke supermarket untuk mencari makanan.

"Disana tidak ada yang saya inginkan untuk disajikan pada keluarga," katanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News