Lapas Jambi Sejak Dulu Langganan Banjir, Tapi Kok tak Diperbaiki?

Lapas Jambi Sejak Dulu Langganan Banjir, Tapi Kok tak Diperbaiki?
Puluhan Narapidana di Lapas Klas II A Jambi, Rabu (14/6) kabur melalui tembok sepanjang 70 meter yang jebol akibat banjir. FOTO: M RIDWAN-JAMBI EKSPRES

jpnn.com, JAMBI - Kakanwil Kemenkum dan HAM Jambi, Bambang Palasara mengatakan, Lapas Klas IIA Jambi memang sudah menjadi langganan banjir sejak lama.

“Tapi banjir kali ini yang paling dahsyat, sampai membuat dinding lapas roboh. Genangan airnya sampai sebatas dada orang dewasa,” kata dia kemarin siang.

Kata dia, total narapidana dan tahanan yang ada di lapas berjumlah 1.238 orang. Jumlah napi kabur yang belum ditangkap, kata dia ada 32 orang lagi. Tapi itu masih belum penghitungan menyeluruh. Karena ada beberapa blok yang belum didata.

Dia menghimbau agar para pelarian segera kembali ke lapas. “Kalau menyerahkan diri akan kita beri keringanan, seperti dua orang yang kembali,” ungkapnya. Dia juga meminta, apabila ada napi yang kembali kerumah mereka, pihak keluarga segera berkoordinasi dengan pihak lapas.

“Lebih baik kan menyerahkan diri daripada dikejar-kejar terus. Kita juga tahu alamatnya, kerabatnya, orang tuanya,” kata dia. Untuk penanganan pasca banjir kata dia, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan aparat.

Penanganan darurat akan dilakukan kurang lebih selama enam hari. “Akan ada pengamanan pagar betis ari anggota brimob, TNI dan lainnya, dan juga fasilitas lampu sorot,” sambungnya.

Saat ini kata dia, suasana di lapas sudah kondusif, banjir di dalam juga sudah mulai surut. “Sekarang banjirnya sudah sebatas mata kaki. Warga binaan juga berinisiatif membersihkan kamar tahanannya,” kata dia.

Sekira pukul 10.50, pihak karantina mengembalikan para napi perempuan ke lapas. Dalam kesempatan itu, Bambang meminta agar Gubernur, Walikota dan anggota dewan memenuhi janji mereka membuat gorong-gorong di sekitar lapas yang langsung mengarah ke bawah jalan.

Kakanwil Kemenkum dan HAM Jambi, Bambang Palasara mengatakan, Lapas Klas IIA Jambi memang sudah menjadi langganan banjir sejak lama.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News