Laut Harus Jadi Pendorong Ekonomi Rakyat Gorontalo

Laut Harus Jadi Pendorong Ekonomi Rakyat Gorontalo
Laut Harus Jadi Pendorong Ekonomi Rakyat Gorontalo

jpnn.com - GORONTALO - Pelaksana Tugas (Plt)  Gubernur Gorontalo Zudan Arif Fakrullah, menginginkan laut dan pelabuhan di Gorontalo menjadi pendorong peningkatan perekonomian rakyat Provinsi Gorontalo.

"Laut harus menjadi penghubung antar pulau bukan pemisah. Jadi nanti semua wilayah itu harus terkoneksi dan harus ada nilai tambah, jadi mari kita wujudkan hari nusantara sebagai momentum kita kembali kelaut,” kata Zudan Arif Fakrullah saat upacara Hari Nusantara XVI Tahun 2016 di Gorontalo, Sabtu (16/12).

Begitu juga dengan Gorontalo. Untuk meningkatkan perekonomian rakyat, maka setiap kapal yang berlabuh di Gorontalo ketika berangkat harus memuat produk-produk lokal seperti produk UMKM, produk pertanian dan perikanan. 

“Intinya jika ada kapal yang berlabuh di Gorontalo entah itu dari pulau mana, maka kapal itu harus kita isi kembali dengan produk-produk kita. Ini adalah cara kita untuk selalu menghidupkan perekonomian di  Gorontalo,” tuturnya.

Sementara itu,  terkait ancaman maritim di Indonesia, Zudan mengungkapkan,  laut sebagai peluang namun juga sebagai pintu masuknya penyeludupan.

“Oleh karena itu dari TNI, Danlanal, Danlatamal, kita berkerjasama terus menerus, karena lubang-lubang tikus itu banyak berasal dari laut, penyeludupan itu adalah faktor paling bahaya untuk negara, ini yang harus kita berantas hingga tuntas oleh semua pihak,” pungkasnya. (dil/jpnn)


GORONTALO - Pelaksana Tugas (Plt)  Gubernur Gorontalo Zudan Arif Fakrullah, menginginkan laut dan pelabuhan di Gorontalo menjadi pendorong peningkatan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News