Ledakan Rohul, Tiga Personel Kophaskas Diperiksa

Ledakan Rohul, Tiga Personel Kophaskas Diperiksa
TNI. Foto: JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberikan atensi terhadap ledakan amunisi sisa latihan Kopaskhas di Kecamatan Rambah Samo, Rokan Hulu, Riau pada 20 Juli lalu.

Insiden tersebut, menurut Hadi, masih dalam tahap investigasi oleh jajaran TNI AU, karena dilakukan evaluasi ke dalam atas dugaan kelalaian personel dari Tim Penimbul Situasi (Bulsi) Paskhas.

Dalam kejadian tersebut seorang warga bernama Swanda, meninggal dunia setelah menemukan dan memainkan bahan peledak jenis TNT dan baterai.

Saat ini, ujar Hadi, ada tiga orang personel dari Tim Bulsi Paskhas yang tengah dilakukan pemeriksaan atas dugaan kelalaian.

"Kami akui itu (pemeriksaan-red) adalah evaluasi ke dalam terkait ledakan itu, mungkin kelalaian dari anggota yang kami proses," kata Hadi di kompleks Istana Negara Jakarta, Selasa (25/7).

Peristiwa tersebut menurutnya tidak hanya menjadi evaluasi internal bagi TNI AU, tapi juga masyarakat.

Bila menemukan adanya benda sisa latihan, seharusnya melaporkan kepada petugas.

"Jika menemukan hal seperti itu serahkan kepada aparat, jika menemukan TNT dan sebagainya serahkan kepada kami. Tidak usah dicoba-coba. Ke dalam kami juga evaluasi. Sedang diperiksa," jelas mantan irjen Kementerian Pertahanan itu.(fat/jpnn)


Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberikan atensi terhadap ledakan amunisi sisa latihan Kopaskhas di Kecamatan


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News