Ganjar Pranowo Lega Akhirnya Tuntaskan Kuliah S2

Ganjar Pranowo Lega Akhirnya Tuntaskan Kuliah S2
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai menjalani ujian tesis di Program Pascasarjana FISIP Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. Foto: Ayatollah Antoni/JPNN.com

jpnn.com, DEPOK - Wajah Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, Senin (16/12) terlihat semringah.

Pasalnya, dia baru saja dinyatakan lulus ujian tesis di Pascasarjana Ilmu Politik Universitas Indonesia (UI) Depok, Jawa Barat.

Ganjar dinyatakan lulus setelah menjalani ujian tesis yang mengupas isu independensi dalam pembahasan revisi UU Nomor 22 Tahun 2007 tentang Penyelenggara Pemilu.

Bahan penelitiannya adalah sikap Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Partai Amanat Nasional, dan pemerintah dalam isu independensi KPU.

Dosen pengujinya, antara lain, Prof (Riset) Syamsudin Haris dan Valina Sinka. Setelah menjalani ujian selama kurang lebih 1,5 jam sejak pukul 08.15, Ganjar pun keluar dari ruang ujian di lantai II Gedung B Pascasarjana UI.

Senyum pun terus mengembang di wajah politisi PDIP itu. Maklum saja, dia sudah sejak 2009 tercatat sebagai mahasiswa pascasarjana di FISIP UI dan terpaksa sempat cuti karena kesibukannya sebagai politikus.

Ganjar mengaku ingin memberi kejutan kepada istri dan anaknya di Semarang karena akhirnya lulus kuliah S2. 

"Istri dan anak saya di Semarang tidak saya kasih tahu bahwa saya ujian. Biasanya mereka mengejek saya karena saya enggak lulus-lulus," kelakar mantan Wakil Ketua Komisi II DPR itu.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo terlihat semringah setelah menjalani ujian tesis di Program Pascasarjana Ilmu Politik UI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News