Lestarikan Warisan Budaya Kota Lama

Lestarikan Warisan Budaya Kota Lama
Risma secara simbolik mengecat bangunan tua di Surabaya. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Inisiatif Pemkot Surabaya membangun kawasan kota lama menjadi urban tourism mendapat dukungan banyak pihak. Salah satunya program Let’s Colour Indonesia yang digagas ICI Paints, perusahaan cat dan pelapis global serta produsen Dulux. Bertepatan dengan Hari Pahlawan, program itu diresmikan oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Lewat program itu, ICI Paints berkomitmen memelihara bangunan lama dan baru. ”Karena menghilangnya suatu warisan kota dapat menghilangkan identitas dari masyarakat setempat. Dengan melestarikan warisan kota, kita dapat menjadikan masa lalu sebagai bagian dari masa depan,” kata Irawan Bahtera, Direktur, PT ICI Paints Indonesia

Cagar budaya berperan dalam hubungan emosional dan ketahanan (resiliensi) manusia. Di masa lalu, kawasan Kota Lama Surabaya berfungsi sebagai pusat ekonomi dan pemerintahan. Di kawasan ini, terdapat banyak bangunan tua dengan nilai seni dan sejarah dalam pengembangan kota Surabaya.

Wujud program itu adalah mengecat kembali 117 bangunan cagar budaya yang berlokasi di Jalan Veteran, Karet, Kali Malang. ”Dengan bergabung dalam upaya pelestarian Kota Lama ini, kami berharap dapat membantu melestarikan nilai sejarah kota, mengakomodasi pengembangan wisata perkotaan, dan kemungkinan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kawasan,” imbuhnya.

Selama bertahun-tahun, program Let's Colour Indonesia secara konsisten terlibat dan mendukung kehidupan masyarakat dengan membantu memperindah tempat tinggal mereka melalui proyek dengan komunitas. Beberapa proyek yang sudah dilakukan di Surabaya adalah pengecatan kembali Balai Pemuda, memperindah kawasan Kenjeran sebagai tempat wisata yang menarik melalui lukisan mural yang berwarna-warni, serta pengecatan area Tugu Pahlawan. (JPNN/pda)

 


Beberapa proyek yang sudah dilakukan di Surabaya adalah pengecatan kembali Balai Pemuda, memperindah kawasan Kenjeran dan lainnya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News