Lika-liku Mencari Pendamping Si Doel

Lika-liku Mencari Pendamping Si Doel
Rano Karno-Embay Mulya Syarief. Foto: dok jpnn

jpnn.com - SERANG – Setelah melalui perdebatan panjang dan alot, DPP PDI Perjuangan (PDIP) akhirnya memutuskan Embay Mulya Syarief berpasangan dengan Rano Karno. Pemilihan Embay melalui proses yang alot. Saking alotnya, nama Embay batal diumumkan pada Selasa (20/9) malam berbarengan dengan kandidat lain yang diusung PDIP di seluruh Indonesia.

Informasi yang diterima Radar Banten, Rano Karno berjuang sangat keras untuk memuluskan Embay menjadi pendampingnya. Tb Haerul Jaman yang direkomendasikan seluruh DPC PDIP se-Banten pun kandas.

DPP PDIP menyetujui pilihan mantan aktor yang beken dengan perannya di sinetron Si Doel Anak Betawi itu. Kini Rano-Embay akan menjadi lawan bagi pasangan Wahidin Halim (WH)-Andika Hazrumy di Pilgub Banten 2017.

Seperti diketahui, di internal DPP PDIP penggodokan nama pendamping Rano berlangsung hampir satu bulan. Sejumlah nama yang sejak awal memang disodorkan Rano seperti Sekda Banten Ranta Suharta, mantan Bupati Serang Ahmad Taufik Nuriman, Walikota Serang Tb Haerul Jaman, dan mantan birokrat Asmudji HW, perlahan mengerucut jadi dua.

Pertarungan di DPP meruncing untuk mengunci satu dari dua nama, yakni Tb Haerul Jaman dan Ranta Suharta. Nama Embay sejak awal tidak pernah masuk dalam bursa bakal calon wagub yang diusulkan Rano maupun partai koalisi. 

Namun, dalam pekan ini, DPW PPP Banten sebagai mitra koalisi PDIP Banten menyodorkan satu nama alternatif, yakni Embay Mulya Syarief. Nama tokoh pendiri Provinsi Banten ini diserahkan ke DPP PPP bersama dua nama lain, yaitu Tb Haerul Jaman dan Muflikhah (kader internal PPP).

Nama Embay menguat ketika petinggi DPW PPP Banten termasuk Embay diundang Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto di Jakarta, awal pekan ini. Lobi-lobi pun dijalankan. DPW PPP Banten melalui Ketua Bappilu M Mardiono meyakinkan DPP PDIP. Keyakinan PPP menyodorkan nama Embay makin kuat ketika Rano juga menginginkan sosok ini untuk mendampingi dirinya.

Sekretaris Badan Pemenangan (BP) Pemilu DPP PDIP Dharmono K Lawi‎ membenarkan bahwa DPP PDI Perjuangan menerima rekomendasi DPP PPP terkait calon wakil gubernur Rano Karno. “EMS (Embay Mulya Syarief) pilihan logis, itu yang disodorkan DPP PPP. Hari ini (kemarin-red) sudah dipastikan bahwa RK punya pendamping,” kata Dharmono kepada Radar Banten.

SERANG – Setelah melalui perdebatan panjang dan alot, DPP PDI Perjuangan (PDIP) akhirnya memutuskan Embay Mulya Syarief berpasangan dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News