Lima Kapal Roro Bakal Dibangun untuk Danau Toba

Lima Kapal Roro Bakal Dibangun untuk Danau Toba
Kapal Roro. Foto: batampos/jpg

jpnn.com, SUMATERA UTARA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjanjikan akan membangun lima kapal roro untuk daerah Sumatera Utara, termasuk Danau Toba.

Hal ini disampaikan Budi saat mengunjungi Porsea, Toba Samosir, Sumatera Utara.

"Kapal ini telah dibangun sejak tahun lalu dan akan beroperasi pada November 2018. Selain kapal ini, tahun depan Kementerian Perhubungan akan membangun kapal lagi," ujar Budi usai meninjau galangan kapal di Porsea, Toba Samosir.

PT ASDP sambung Budi, yang akan menjadi operator kapal ini, juga nanti akan membangun satu lagi.

"Kami juga sudah mendapat konfirmasi akan ada dua kapal lagi yang disumbang oleh swasta di Sumatera Utara. Jadi totalnya akan ada lima kapal," tutur Budi.

Budi menjelaskan, kapal ini memiliki muatan yang cukup besar dan rencananya akan ditempatkan di Pelabuhan Tomo menuju Pelabuhan Ajibata.

"Kapal ini memiliki muatan yang besar dan berukuran 300 GT. Muatan kapal bisa mengangkut 280 penumpang dan 32 mobil atau 17 truk," kata dia.

Lebih lanjut Budi mengatakan, dirinya sudah menugaskan bupati Toba Samosir untuk melakukan penelitian terkait ukuran kapal dan juga menugaskan Ditjen Perhubungan Darat melakukan pengawasan kapal agar bisa meningkatkan sektor pariwisata.

Kapal ini telah dibangun sejak tahun lalu dan akan beroperasi pada November 2018.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News