Lindungi Gigi dari Plak dengan Konsumsi 3 Makanan Sehat Ini

Lindungi Gigi dari Plak dengan Konsumsi 3 Makanan Sehat Ini
Ilustrasi warna gigi. Foto: diariofemenino

jpnn.com - Makan yang kita konsumsi seringkali menyebabkan gigi kuning dan plak. Untuk menjaga gigi tetap sehat, kita juga perlu menambahkan makanan yang bermanfaat.

Berikut 3 makanan yang bermanfaat untuk melindungi gigi dan gusi Anda, dilansir dari Red Book Mag, Sabtu (12/1).

Rawat gusi dengan paprika merah

Paprika merah banyak mengandung vitamin C yang diperlukan untuk produksi kolagen protein struktural yang menjaga gusi di sekitar gigi. Penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin C rendah dikaitkan dengan penyakit gusi, penyebab umum bau mulut dan gusi yang kisut. Anda bisa mulai mengonsumsi paprika dengan menambahkan pada roti isi. Selain paprika masih ada makanan yang dapat melindungi gusi, seperti brokoli, buah kiwi, jeruk, dan buah persik.

Hilangkan plak dengan seledri

Seledri dapat bekerja dengan baik karena teksturnya yang berserat dan abrasif. Sehingga dapat menghilangkan plak yang menguning dan sisa makanan yang tersangkut di gigi Anda. Selain seledri, Apel, wortel, mentimun, dan lobak juga efektif menghilangkan plak.

Lindungi enamel gigi dengan keju

Keju merupakan sumber kalsium, fosfor, dan protein kasein yang baik. Semua kandungan itu ternyata membantu memperkuat enamel gigi dan menetralkan keasaman yang disebabkan oleh makanan dan minuman. Selain itu, keju juga memiliki keasaman yang lebih rendah sehingga dapat mengurangi risiko gigi berlubang dan erosi enamel yang seiring waktu dapat menyebabkan sensitivitas gigi. Sumber makanan lainnya yang baik melindungi enamel gigi, di antaranya almond, susu, tahu, dan yogurt. (jpc/jpnn)


Makan yang kita konsumsi seringkali menyebabkan gigi kuning dan plak. Untuk menjaga gigi tetap sehat, kita juga perlu menambahkan makanan yang bermanfaat.


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News