Line Creator Market Wadahi Animator Lokal Rambah Mancanegara

Line Creator Market Wadahi Animator Lokal Rambah Mancanegara
Ilustrasi stiker dialek lokal di LINE. (Foto: Line/JPNN)

jpnn.com, JAKARTA - Mewadahi kreasi animator lokal, LINE memulainya dengan membuat Line Creator Market, agar stiker karya lokal bisa lebih jauh merambah pasar internasional. Yang sudah bersaing di karakter IP internasional antara lain Milk and Mocha, Neneng Gresek dan Njul Njel.

Salah satu tipe stiker yang makin digemari para pengguna di Indonesia adalah stiker lokal. Hal itu tidak luput dari peran besar para kreator lokal LINE.

Untuk menambah ragam tren stiker lokal, LINE baru saja meluncurkan stiker bertemakan nama-nama populer di Indonesia.

“Kami melihat bahwa stiker yang dibuat berdasarkan nama-nama populer akan sangat cocok untuk diluncurkan di Indonesia. Stiker nama ini akan membuat komunikasi menjadi lebih personal dan dekat, seakan stiker ini dibuat khusus untuk sang pemilik nama," ujar Strategic Partnership dan B2C Director LINE Indonesia Revie Sylviana, Selasa (21/8).

Stiker LINE yang mengandung nama-nama populer sebelumnya telah diluncurkan di negara Thailand dan Jepang dan diterima dengan baik oleh para pengguna LINE di negara tersebut. Dalam proses pembuatan stiker nama, LINE terlebih dahulu menggelar survei untuk mencari nama-nama yang populer di Indonesia.

Setelah mendapatkan ragam nama populer, LINE merangkul para kreator lokal lewat platform LINE Creators Market dengan menggelar sayembara dan mengajak para kreator untuk membuat ide untuk stiker nama tersebut. Telah terpilih beberapa kreator stiker nama lokal sudah bisa didapatkan pengguna mulai 10 Agustus kemarin.

"Banyak pengguna kami yang didominasi generasi muda pasti akan mencari nama masing-masing dan berlomba untuk mengirimkan stiker dengan nama mereka ke teman-teman, sehingga komunikasi menjadi semakin erat dan seru. Ada ribuan stiker yang berisi ratusan ragam nama yang bisa dipilih para pengguna," imbuhnya.

Diharapkan Revie, stiker nama ini dapat membuat komunikasi para pengguna menjadi semakin personal dan semakin menyenangkan. Sebelumnya, stiker karya kreator lokal lain seperti stiker kata-kata slang, humor lokal, dan dialek lokal telah berhasil menembus angka pembelian lebih dari 200.000 sejak Januari 2018 dan selalu menduduki peringkat top rank di platform LINE Creators Market.

Karya kreator lokal seperti Milk and Mocha karya Melani Setyowati Santoso, Neneng Gresek karya Junaidi, serta Njul Njel karya Junairdi Satyanagara, berhasil menarik perhatian masyarakat luar Indonesia, terbukti dengan diluncurkannya karakter-karakter ini di Thailand.

Mewadahi kreasi animator lokal, LINE memulainya dengan membuat Line Creator Market agar stiker karya lokal bisa lebih jauh merambah pasar internasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News