Logan: Laris Manis Meski dengan Pasar Terbatas

Logan: Laris Manis Meski dengan Pasar Terbatas
Lura, Profsor X dan Logan. Foto: 20TH CENTURY FOX

jpnn.com - jpnn.com -Logan menuai respons positif baik dari kritikus maupun penonton. Di Amerika Utara, film berdurasi 141 menit itu mencatat angka pembukaan USD 32 juta (Rp 425 miliar) saat rilis Jumat (4/3) lalu.

Film terakhir Huhg Jackman sebagai Wolverine itu diperkirakan bisa meraup setidaknya USD 80 juta (Rp 1,04 triliun) untuk akhir pekan. Capaian itu akan mengantarkannya menjadi film dengan debut terlaris sepanjang 2017. Sebelumnya posisi tersebut ditempati Lego Batman yang mendapat USD 53 juta (Rp 705 miliar) pada pekan pertama pemutarannya.

Dibuat dengan biaya USD 97 juta (Rp 1,29 triliun), Logan juga menjadi film rating R dengan studio terbanyak yang memutarnya pada minggu pertama. Tercatat ada 4.071 studio, mengalahkan Spy (2015) yang diputar di 3.711 bioskop.

Kritikus ramai-ramai memberi review bagus untuk film garapan James Mangold itu. Logan dianggap sebagai titik balik jagat mutan Marvel yang dimiliki 20th Century Fox, yang sudah diawali Deadpool Februari tahun lalu.

Sebelum Deadpool, Fox sering disebut tak bisa menggarap film superhero dengan bagus. ’’Film ini punya tema cenderung gelap dan menampilkan cerita akhir sebuah era yang menarik. Menyentuh buat para penggila X-Men dan penonton baru,’’ papar kritikus The Hollywood Reporter Sheri Linden.

Sementara itu, kritikus untuk Vulture Anthony Riesman beranggapan, Logan merupakan salah satu film adaptasi komik superhero terbaik selama dua dekade terakhir. Riesman mengungkapkan, pihak Fox dan tim produksi tidak salah memutuskan Logan jadi film dengan rating R (Restricted alias di bawah usia 17 tahun harus didampingi orang dewasa.

"Film ini adalah kumpulan kebrutalan yang bikin bergidik, humor yang shocking, dan momen-momen emosional. Rasanya tidak seperti nonton film superhero,’’ tulisnya.

Kolumnis Forbes Mark Hughes menyatakan, Logan serupa crossover antara film western, film samurai Jepang, dan The Dark Knight. ’’Saya optimistis film ini bisa masuk jajaran film terbaik di Globes atau Oscars,’’ tegasnya.

Logan menuai respons positif baik dari kritikus maupun penonton. Di Amerika Utara, film berdurasi 141 menit itu mencatat angka pembukaan USD 32 juta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News