Lokasi Acara Puncak Sail Sabang 2017 Terus Bersolek

Lokasi Acara Puncak Sail Sabang 2017 Terus Bersolek
Menteri Pariwisata, Arief Yahya. Foto: Kemenpar for JPNN.com

jpnn.com, SABANG - Sabang terus bersolek menyambut gelaran akbar Sail Sabang 2017, yang diselengarakan pada 28 November hingga 5 Desember. Salah satunya mempersiapkan lokasi acara yang berada di empat titik, yaitu Teluk Sabang, Sabang Fair, Gapang Resort, dan Titik 0 Km.

“Lokasi acara tersebut secara infrastruktur terus dipersiapakan secara matang, terutama unsur (atraksi, amenitas, dan aksesibiltas), persiapan sumber daya manusia. Sedangkan puncak acara akan berlangsung di Pasiran, Teluk Sabang, yang akan dihadiri oleh Presiden Indonesia Joko Widodo. Lokasi itu juga rencananya akan dijadikan pelabuhan kargo,” ucap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Reza Fahlevi.

Reza mengatakan kunjungan wisatawan di Aceh saat atau sesudah Sail Sabang bisa memantik pertumbuhan ekonomi secara signifikan. Oleh karena itu, konsep “Peumulia Jamee” dalam bahasa Indonesia berarti memuliakan tamu harus, diaplikasikan agar para wisatawan merasa nyaman dan betah, sehingga akan datang kembali ke Aceh.

“Keramahan masyarakat dan fasilitas akomodasi di Kota Sabang harus menjadi perhatian serius. Intinya konsep Peumulia Jamee harus kita kedepankan karena ini merupakan konsep yang telah berkembang di tengah masyarakat Aceh secara turun temurun. Semakin kita muliakan, maka tamu akan semakin merasa nyaman dan akan kembali lagi ke Aceh,” ucapnya.

Sail Sabang 2017 terdapat banyak kegiatan yang akan di pusatkan di teluk Sabang, tepatnya Terminal CT 3 BPKS Sabang itu aka diisi dengan berbagai atraksi.“Banyak atraksi, diantaranya menghadirkan KRI Bima Suci dan KRI Dewa Ruci. Selanjutnya akan ada Internasional Yacht Rally, Tarian Massal, Sabang Wonderful Expo, Aceh Fun Dive, Menyambut kehadiran Islamic Cruise berkapasitas 2000 wisatawan muslim yang akan sandar di termina CT3 dan bertola menuju Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh,” katanya.

Selain itu, sambung Reza, juga ada kegiatan Jambore Iptek, Pentas Wonderful Sabang, Sabang Underwater Contes, Kapal Pemuda Nusantara, Lomba Menulis Blog, Festival Kopi dan Kuliner, Eksebisis Paramotor, Parade Kapal Tradisional, Sendratari Keumalahayati, Aerobatic Show, City Tour Sabang-Banda Aceh, Lomba memancing serta beberapa event lainnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengungkapkan, bahwa Sail Sabang 2017 yang dikerjakan secara bersama Kemenko Maritim, Kementrian Pariwisata, Kementrian Perhubungan, dan Kementrian PUPR akan menjadi acara sail terbesar tahun ini. Acara ini diharapkan mampu menarik sekitar 100 kapal pesiar atau yacht.

"Terkait Sail Sabang, puncaknya 2 Desember akan jadi terbesar. Pasalnya akan ada 100 yacht yang akan datang, Nantinya peserta akan lebih banyak berasal dari Australia. Kegiatan ini juga akan diikuti oleh kapal dari dalam negeri yaitu Kapal Pemuda Nusantara, Kapal Riset Baruna Jaya IV dan Baruna Jaya VIII,” ucapnya.

Sail Sabang merupakan kolaborasi antara dua sail yakni Indonesia Sail dan Wonderful Indonesia Sail. Pemerintah telah menetapkan agenda wisata tahunan Sail Indonesia. Semakin lama, harus semakin bagus dari segi kualitas, perencanaan, dampak dan manfaatnya. “Kami juga ingin sebelum dan sesudah kegiatan ini daerah bisa menarik manfaat dari percepatan infrastruktur yang terjadi" kata Arief.

Dalam Sail Sabang 2017, semua peserta akan diajak mengarungi spot-spot eksotis dari Teluk Sabang, Pantai Iboih dan Gapang hingga Pulau Rondo dan kota Banda Aceh di Pulau Sumatera. Kebanyakan peserta akan masuk ke Sabang dari Langkawi (Malaysia) dan Phuket (Thailand).

Mereka akan melewati dan singgah di Kupang, Badas, NTB, Banyuwangi, Karimunjawa, Belitung, Bintan dan persinggahan lainnya. Diperkirakan, semua peserta sudah masuk Sabang pada 1 Desember 2017. “Kami memberi kemudahan para yachter dengan fasilitas pelayanan CIQP satu atap,” kata Arief.

Dengan kemudahan tadi, menteri asal Banyuwangi itu yakin agenda sailing ini bakal banyak dilirik seluruh peserta dari dunia. Apalagi, Sabang merupakan salah satu destinasi unggulan untuk wisata bahari. Favoritnya para Yachter dunia karena memiliki taman laut yang indah.

Lokasinya pun dekat dengan Langkawi, Phuket dan Singapura juga menjadi daya tarik lainnya bagi para yachter. “Sabang sudah dikenal mancanegara karena beberapa kali menyelenggarakan acara skala international seperti Sabang Regatta dan mendapat sambutan antusias, ” kata pria asli Banyuwangi itu. (adv/jpnn)


Sabang terus bersolek menyambut gelaran akbar Sail Sabang 2017, yang diselengarakan pada 28 November hingga 5 Desember. Salah satunya mempersiapkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News