Lomba Mancing di Morotai Heboh Banget

Lomba Mancing di Morotai Heboh Banget
Arief Yahya Foto: JPNN

jpnn.com - MOROTAI – Diam-diam, Morotai yang jauh di ujung pasifik sana terus berbenah dan meramaikan potensi wisatanya. Yang terkini adalah Fishing Morotai 2016 dan Wonderful Morotai Islands Festival 2016, yang dilangsungkan pada 30 September – 2 Oktober lalu.

“Acara mancingnya heboh banget, semua happy dan mengakui Morotai harus cepat dikembangkan sebagai destinasi bahari yang potensial,” kata Arie Suhendro, Pokja 10 Top Destinasi Prioritas Kemenpar Khusus Kawasan Morotai, Maluku Utara.

Menpar Arief Yahya terus mencarikan solusi 3A, Akses, Atraksi dan Amenitas di Morotai. Akses sudah menemukan cara, yakni dengan mengambil hub tourism dari Manado, khusus pasar Tiongkok yang sedang meluber di Ibu Kota Sulut itu.

"Saya sudah sampaikan ke Pak Rusdi Kirana Lion Group, dan beliau setuju. Secara simultan, atraksi dan amenitasnya harus juga dikebut," kata Arief Yahya, Menpar.

Jumat, 30 September 2016 rombongan dari ibu kota terbang ke Manado, lanjut ke Morotai. Bersama Kadis Pariwisata dan Kadis Perikanan, rombongan melaut hingga Sabtu Sore.

Selepas makan siang, beberapa kapal pemancing sudah merapat di pelabuhan laut Daruba. Setiap kapal rata-rata berisi tujuh pemancing. “Ada sebelas kapal nelayan, dengan total pemancing 77 orang, dan dua kapal eksekutif. Total ada 13 kapal,” kata Arie Soehendro.

Para pemancing, mendapat banyak ikan, namun yang dipertandingkan hanya satu yang terberat yang bisa mereka peroleh. Pukul 14.00-16.00 dilakukan penimbangan ikan.

“Saya sempat berbincang dengan pemrakarsa event ini, Kadis Perikanan Maltara, dan Ketua RumahMancing.com. Mereka sudah mensosialisasikan sejak Mei 2016, dan pendaftar sekitar 4.000 pemancing,” kata Arie.

MOROTAI – Diam-diam, Morotai yang jauh di ujung pasifik sana terus berbenah dan meramaikan potensi wisatanya. Yang terkini adalah Fishing Morotai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News