Lompat dari Kapal Ingin Minta Suaka, Tiga Pelaut Pakistan Dideportasi

Lompat dari Kapal Ingin Minta Suaka, Tiga Pelaut Pakistan Dideportasi
Lompat dari Kapal Ingin Minta Suaka, Tiga Pelaut Pakistan Dideportasi
Lompat dari Kapal Ingin Minta Suaka, Tiga Pelaut Pakistan Dideportasi

Tiga pelaut Pakistan yang melompat dari kapal pengangkut ternak di Pelabuhan Fremantle, Australia Barat karena berusaha meminta suaka akan dideportasi, demikian dikatakan Departemen Imigrasi Australia.

Ketiga pria itu tiba di pelabuhan di Australia Barat bersama kapal berbendera Bahama ‘Bader III’ akhir pekan lalu dan berlabuh di demaga nomor dua.
Pada Kamis (16/2/2/2017) pekan lalu ketiga pria itu melompat dari kapal mereka dan berenang menuju ke dermaga milik perusahaan pengelola terminal peti kemas “DP World's’ nomor tiga tapi tidak dapat melewati gerbang keamanan.
“Itu merupakan zona yang dijaga ketat sehingga mereka tidak akan bisa masuk ke area tersebut,” kata Koordinator Federasi Pekerja Transportasi Internasional, Dean Summers.
“Sepengetahuan saya setelah itu angkatan perbatasan wilayah didatangkan dan membawa ketiga pelaut tersebut untuk ditahan.”
Departemen Imigrasi dan Perlindungan Perbatasan Australia mengatakan ketika pria tersebut akan dideportasi.
“Angkatan Perlindungan Perbatasan (ABF) dapat mengonfirmasikan kalau ketiga pria berkebangsaan Pakistan itu berusaha untuk melarikan diri dari kapal mereka di Pelabuhan Fremantle pekan lalu,” demikian pernyataan dari ABF.

"Pendeportasian mereka konsisten dengan kewajiban Australia."
Kapal bernama ‘Bader III’ yang merupakan kapal berbendera kemudahan (flag of convenience/FOC) saat ini tengah dalam pelayaran menuju Pelabuhan Eilat di bagian Selatan Israel.

Federasi Pekerja Transportasi Internasional (ITWF) Australia telah menandatangani kesepakatan standar minimum internasional dengan pemilik kapal tersebut, dan Koordinator ITWF Australia Dead Summers mengatakan para kru kapal itu mendapat bayaran yang layak.
Ini bukan pertama kalinya warga berkebangsaan Pakistan melompat dari kapal di pelabuhan di Australia.
Pada Bulan Juni 2012, tujuh orang pria ditangkap oleh otoritas Imigrasi setelah meninggalkan kapal pengangkut ternak yang berebda di Pelabuhan Fremantle, Australia Barat.
Diterjemahkan pukul 15.00 WIB, 23/2/2017 oleh Iffah Nur Arifah dari artikel Bahasa Inggris disini.

Lihat Artikelnya di Australia Plus


Tiga pelaut Pakistan yang melompat dari kapal pengangkut ternak di Pelabuhan Fremantle, Australia Barat karena berusaha meminta suaka akan dideportasi,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News