Lovot, si Robot yang Punya Rasa Cinta, Harganya? Hmmm

Lovot, si Robot yang Punya Rasa Cinta, Harganya? Hmmm
Lovot merupakan robot yang dilengkapi sensor dan software yang sangat peka, mirip perasaan manusia. Foto: The Verge

jpnn.com, TOKYO - Industri robotika Jepang, Groove X, melahirkan inovasi robot mungil bernama Lovot. Lovot adalah akronim dari love (cinta) dan robot. Ya, robot itu memang dirancang mirip manusia. Punya rasa cinta.

Pendiri sekaligus CEO Groove X Kaname Hayashi mengatakan bahwa Lovot adalah robot rumahan. Fungsinya mengawasi anak saat tidak ada orang dewasa di rumah, atau menjaga rumah saat ditinggalkan para penghuninya. Namun, fungsi utama robot imut yang dilengkapi roda penggerak itu adalah menyayangi.

’’Lovot tak punya nyawa tapi ramah. Kami ingin semua orang tahu bahwa itu sangat penting,’’ ujar Hayashi sebagaimana dilansir Japan Times.

Lovot memang mirip manusia. Punya perasaan. Sebab, robot itu dilengkapi sensor dan software yang sangat peka. Mirip perasaan manusia.

Lovot juga dilengkapi kamera pendeteksi panas. Gunanya adalah mendeteksi keberadaan orang-orang di dalam rumah. Dia juga bisa mengenali berbagai ekspresi, postur, dan gerakan manusia untuk membaca perasaan mereka. Hampir di seluruh kulitnya terpasang sensor sensitif untuk merasakan sentuhan.

Sensor Lovot itu memungkinkannya tidur saat dipeluk. Selain itu, ia akan cenderung mengikuti orang-orang yang disukanya. Juga, ngambek dan menjauh dari orang yang suka marah-marah. ’’Reaksinya akan berbeda bergantung interaksi Lovot dengan keluarga pemilik,’’ terang Hayashi.

Mungkin robot ini cocok bagi jomblo yang ingin punya teman. Namun, pembeli harus siap merogoh kocek dalam-dalam. Dua unit Lovot dijual seharga 598 ribu yen (sekitar Rp 77 juta). Sedangkan satu unit dijual seharga 349 ribu yen (sekitar Rp 45 juta).

Menurut Reuters, Groove X juga pernah menciptakan robot android sebelum Lovot. Mereka membuat robot yang bisa melayani pelanggan toko atau restoran bernama Pepper. Sayang, produksi robot tersebut dihentikan setelah tiga tahun setelah peluncuran. (bil/c17/hep)


Robot mungil bernama Lovot, produksi Grooce X, disebut punya perasaan seperti manusia, punya rasa cinta.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News