LSM Lingkungan Indonesia Galang Dukungan untuk Amazon

LSM Lingkungan Indonesia Galang Dukungan untuk Amazon
LSM Lingkungan Indonesia Galang Dukungan untuk Amazon
JAKARTA - Puluhan aktivis lingkungan yang berasal dari beberapa LSM lingkungan di Indonesia melakukan penggalangan dukungan dalam bentuk surat yang ditujukan kepada Kedutaan Besar Brazil di Jakarta. Surat tersebut dibuat sebagai bentuk protes para aktivis terhadap rencana pembangunan bendungan raksasa Belo Monte di Sungai Xingu, Kawasan Hutan Amazon, Brazil.

"Kami bersama puluhan orang dari organisasi masyarakat sipil menyatakan keprihatinan atas paksaan pembuatan bendungan raksasa Belo Monte yang akan merusak Hutan Amazon, Sungai Xingu, dan mengancam masyarakat adat, masyarakat tepi sungai, keluarga petani, serta nelayan di Brazil," ungkap Islah, Manajer Kampanye Air dan Pangan Eksekutif Nasional Walhi, kepada JPNN, Senin (22/8).

Dijelaskan, solidaritas serupa juga dilakukan secara bersamaan pada hari ini di seluruh dunia. Ribuan orang telah berkumpul untuk menjalankan aksi solidaritas bagi masyarakat yang terancam oleh pembuatan bendungan raksasa Belo Monte, di depan Kedutaan Brazil di 22 negara di seluruh dunia.

"Kami sangat prihatin tentang konsekuensi sosial dan lingkungan yang rusak, jika Belo Monte dibangun. Terutama untuk masyarakat adat dan komunitas lainnya yang tinggal di sepanjang hamparan 100 km dari Sungai Xingu, karena 80 persen dari aliran sungai akan dialihkan ke dalam reservoir buatan," terang Islah.

JAKARTA - Puluhan aktivis lingkungan yang berasal dari beberapa LSM lingkungan di Indonesia melakukan penggalangan dukungan dalam bentuk surat yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News