Luar Biasa, NasDem Geser Dominasi Golkar, Ini Penyebabnya

Luar Biasa, NasDem Geser Dominasi Golkar, Ini Penyebabnya
Partai Nasdem. ILUSTRASI. Foto: JPG/JPNN.com

jpnn.com, PONOROGO - Partai NasDem meraih kemenangan di Pemilu 2019 di Kabupaten Ponorogo, Jatim. Partai yang dipimpin Surya Paloh itu diprediksi menggeser dominasi Partai Golkar di gedung legislative Ponorogo.

‘’Nasdem akan menjadi kekuatan tersendiri,’’ sebut pengamat politik lokal Ayub Dwi Anggoro.

Kaprodi Ilmu Komunikasi Unmuh Ponorogo itu memandang jalan Nasdem tidak instan. Mesin partai bergerak dengan baik. Mengingat, caleg-caleg yang diterjunkan dalam pileg merupakan sosok-sosok yang sudah familiar. ‘’Penempatan caleg disesuaikan dengan kantong-kantong suara yang tepat,’’ ujarnya.

Ayub berpendapat, torehan 12 kursi legislasi ditunjang masfinya pemberitaan-pemberitaan positif. Apalagi saat ini, masyarakat dapat dengan mudahnya menelusuri jejak pemberitaan. Baiki cetak maupun digital.

‘’Itu poin plus tersendiri,’’ kata akademisi yang kini sedang merampungkan S3 di Universiti Sultan Zainal Abidin, Terengganu, Malaysia itu.

BACA JUGA: Grace Natalie Dianggap tak Layak jadi Menteri di Kabinet Jokowi – Ma’ruf

Ipong Muchlissoni yang memposisikan diri sebagai Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPW Nasdem Jatim juga menjadi kunci. ‘’Keberhasilan Ponorogo juga merupakan keberhasilan Pak Ipong,’’ sebut Ayub.

Di sisi lain, Ayub menyayangkan performa Golkar di pileg kali ini. Pohon beringin yang begitu ikonik itu sudah cukup lama menjadi pilihan warga Bumi Reyog. Namun, tak lagi mendominasi pada pileg kali ini. Kini, torehan sepuluh kursi pada pileg 2014 lalu terancam raib.

Partai NasDem diperkirakan mendapatkan 12 kursi di DPRD Kabupaten Ponorogo pada Pemilu 2019, menggeser dominasi Golkar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News