Luhut Panjaitan Pastikan Jokowi Sejahterakan Petani Sawit

Luhut Panjaitan Pastikan Jokowi Sejahterakan Petani Sawit
Ilustrasi petani sawit. Foto: JPG

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B Panjaitan memastikan pihaknya memberikan perhatian besar kepada petani sawit dalam peningkatan produktivitas dan kesejahteraan.

Dia mengatakan, petani menjadi tulang punggung keberlangsungan industri sawit maupun ekonomi nasional.

“Presiden Joko Widodo memberikan perhatian sangat besar terhadap sawit. Karena sawit ini memberikan kontribusi besar kepada ekonomi dan punya peranan penting terhadap Indonesia. Kalian ini pahlawan bangsa,” ujar Luhut saat memberikan pidato utama dalam Pertemuan Nasional Petani Kelapa Sawit Indonesia 2019 di Jakarta, Kamis (28/2)

Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) menginisiasi Pertemuan Nasional Petani Kelapa Sawit Indonesia bertemakan Sawit Indonesia Berdaulat, Bermartabat dan Berkelanjutan. Jumlah peserta yang hadir mencapai 451 peserta dari seluruh Indonesia.

Terdiri dari 300 petani sawit dari 22 DPW Apkasindo tingkat Provinsi dari Aceh sampai Papua, 100 Petani mewakili DPD Apkasindo di 116 kabupaten di seluruh Indonesia dan 51 orang Petani Sawit dari oraganisasi Petani Aspek PIR dan SAMADE.

Luhut mengatakan perusahaan harus melindungi petani untuk menjaga keseimbagan dalam perekonomian dan mencegah kecemburuan sosial. Dia menambahkan, pemerintah mendorong kelompok tani dapat mengelola pabrik sawit yang bertujuan memasok kebutuhan biofuel di daerah.

Kemandirian itu harus ada dan pemerintah punya target 30 persen dari produksi sawit menjadi green fuel. Alhasil, impor minyak fosil dapat berkurang besar dalam jangka waktu dua tahun sampai tiga tahun mendatang.

Saat ini, lanjut Luhut, sawit telah menjadi industri super strategi bagi negara. Kontribusi sawit menyerap tenaga kerja lebih dari 17,5 juta orang. Baik secara langsung maupun tidak langsung dan menciptakan kesejahteraan sebanyak 2,3 juta petani kecil.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B Panjaitan memastikan pihaknya memberikan perhatian besar kepada petani sawit dalam peningkatan produktivitas dan kesejahteraan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News