Lulusan Perguruan Tinggi Harus Kompeten dan Percaya Diri

Lulusan Perguruan Tinggi Harus Kompeten dan Percaya Diri
Diskusi bertajuk "Kemnaker Menyapa" Mahasiswa Universitas Bakrie di Jakarta, Kamis (13/12). Foto: Humas Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Khairul Anwar, berharap perguruan tinggi bisa mencetak calon tenaga kerja yang kompeten, percaya diri, dan terkoneksi.

"Lulusan perguruan tinggi harus memiliki tiga c, yaitu competence, confidence, dan connected," kata Sekjen Khairul Anwar dalam sambutan yang dibacakan Kepala Biro Keuangan Aris Wahyudi saat menghadiri kegiatan bertajuk "Kemnaker Menyapa" Mahasiswa Universitas Bakrie di Jakarta, Kamis (13/12).

Kegiatan yang dihadiri 100 mahasiswa Universitas Bakrie ini bertujuan memberikan pengetahuan tentang dunia industri dan pasar kerja kepada mahasiswa agar mereka tidak gagap ketika lulus kuliah.

Khairul melanjutkan, mahasiswa harus memiliki kompetensi agar bisa memenangkan persaingan di pasar kerja. Mereka harus dibekali hard skill dan soft skill yang baik.

"Kampus harus menciptakan calon tenaga kerja yang tidak hanya memiliki pengetahuan dan kemampuan yang baik tetapi juga memiliki sikap yang baik pula," ujar Khairul.

Selain itu, kata Khairul, penting bagi mahasiswa mempunyai rasa percaya diri. Kampus harus mampu memberikan rasa percaya diri yang tinggi bagi para calon tenaga kerja.

"Rasa percaya diri ini diberikan oleh pihak perguruan tinggi dengan pembekalan-pembekalan yang telah diberikan kepada para calon tenaga kerja, salah satunya yakni pembekalan bahasa asing," ungkap Khairul.

Dan yang tak kalah penting, sambung Khairul, selain kompetensi dan rasa percaya diri adalah bagaimana menciptakan para calon tenaga kerja untuk dapat terkoneksi dengan dunia luar, termasuk dengan informasi pasar kerja.

Sekjen Kementan Khairul Anwar berharap perguruan tinggi bisa mencetak calon tenaga kerja yang kompeten, percaya diri, dan terkoneksi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News