Lulusan SMK Lebih Berpeluang Dapat Kerja

Lulusan SMK Lebih Berpeluang Dapat Kerja
Lulusan SMK Lebih Berpeluang Dapat Kerja
JAKARTA—Ternyata, pendidikan tinggi bukanlah jaminan utama untuk mendapatkan jabatan tinggi (manajerial) di berbagai perusahaan sektor jasa di Kota Pekanbaru. Paling tidak, hasil kajian ini dibuktikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Lancang Kuning (Unilak), yang disampaikan dalam seminar nasional yang diadakan oleh Kementrian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) di Jakarta, Senin (14/3).

LPPM Unilak menjadi salah satu dari 32 kampus di seluruh Indonesia yang mendapatkan kesempatan menyampaikan hasil penelitian mereka ditingkat nasional dan menjadi satu-satunya kampus dari Provinsi Riau yang meneliti hubungan antara pendidikan dengan serapan tenaga kerja riil di lapangan.

Penelitian dengan sample 18 perusahaan di Kota Pekanbaru dan sekitarnya yang bergerak di sektor manufaktur, jasa dan agro pertanian, diketahui bahwa serapan tenaga kerja di Kota Pekanbaru sebagian besar bekerja pada level staff mencapai 33.749 orang (88 persen), sedangkan pada level supervisor mencapai 11.793 orang (8 persen) dan level manajerial sebanyak 1.776 orang (4 persen).

Namun jika dilihat dari tingkat pendidikan,  dari 1.776 yang duduk diposisi manajerial,lulusan S2 hanya 92 orang saja. Selebihnya sekitar 1.684 orang justru berasal dari tingkat pendidikan D1,D3 dan S1.

JAKARTA—Ternyata, pendidikan tinggi bukanlah jaminan utama untuk mendapatkan jabatan tinggi (manajerial) di berbagai perusahaan sektor jasa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News