Mahasiswa Harus Berinovasi Jaga NKRI

Mahasiswa Harus Berinovasi Jaga NKRI
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bersama Kapolrestabes Surabaya, Kombespol M Iqbal dan Danrem 084/Bhaskara Jaya, Kol Czi Denny Herman mengecek kesiapan pasukan dan kendaraan pengamanan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 pada apel Operasi Lilin Semeru, Ilustrasi : Radar Surabaya

jpnn.com, SURABAYA - Negara Indonesia adalah satu meski banyak perbedaan di dalamnya. Mulai suku, agama, bahasa, kebudayaan, adat dan beberapa berpedaan lainnya.

Namun, perbedaan itu tidak boleh dijadikan dasar atau alasan untuk menjadikan modal perpecahan. Untuk itu, dalam membangun kebersamaan itu adalah tugas bersama.

Kuncinya saling menghormati perbedaan sebagai rahmatan lil alamin. Bagaimana bisa memahami, memaknai, dan menjabarkan isi sila dalam Pancasila dan UUD 1945 adalah salah satu cara untuk terus menjaga kebhinnekaan di Indonesia demi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pesan itu disampaikan Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Mohammad Iqbal SIK MH dalam Seminar Keberagaman Nilai-Nilai Pancasila, Saya Indonesia, Saya Pancasila di depan 1.000 perserta taruna-taruni dan civitas akademi dari Akademi Teknik Keselamatan Penerbangan (ATKP), Jumat (2/6).

“Mahasiswa sebagai anak muda adalah generasi penerus bangsa, calon pemimpin bangsa. Hendaklah calon pemimpin bangsa ini selalu menjaga kebhinnekaan, harus memiliki pemahaman kebhinnekaan dan keberagaman. Di antaranya juga harus patuh hukum, be-rinovasi demi mengembangkan potensi diri dan alam Indonesia,” pesan Iqbal seperti yang dilansir Radar Surabaya (Jawa Pos Group), Sabtu (3/6).

Selain itu, lanjut Kapolrestabes yang murah senyum ini, mahasiswa harus mampu menjadi pelopor perubahan tentang stigma yang salah mengenai perbedaan.

Indonesia adalah rumah bersama, NKRI harus dijaga. (iku/nur)


Negara Indonesia adalah satu meski banyak perbedaan di dalamnya. Mulai suku, agama, bahasa, kebudayaan, adat dan beberapa berpedaan lainnya.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News