Mahasiswi Tewas, Warga Blokir Akses Truk Proyek Tol

Mahasiswi Tewas, Warga Blokir Akses Truk Proyek Tol
Jalur Bojong - Wiradesa kembali telan korban jiwa. Foto:MUHAMMAD HADIYAN/RADAR PEKALONGAN

jpnn.com, PEKALONGAN - Ratusan warga Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan, Jateng, memblokir akses jalan truk proyek tol.

Aksi yang dilakukan Rabu (23/5) malam itu sebagai bentuk kekesalan warga lantaran jalan raya Wiradesa rusak parah hingga mengakibatkan seorang mahasiswi pengendara sepeda motor tewas terlindas truk pada Rabu pagi.

Pemblokiran jalan di sepanjang Jalan Raya Wiradesa - Ketandan oleh warga dilakukan usai bada tarawih. Hingga malam hari, truk milik PT SMJ tetap beroperasi dan kerusakan jalan tidak kunjung diperbaiki. Dalam aksi itu, hampir 40 dumptruck kapasitas DT 24 dihentikan oleh warga.

Bahkan penyanderaan truk oleh warga hingga berlanjut pada Kamis (24/5) siang. Mediasi ratusan warga dengan pengamanan anggota dipimpin langsung oleh Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan bersama perwakilan PT SMJ berlangsung memanas. Sebab, masyarakat meminta perbaikan jalan secara permanen sebelum lebaran.

Suasana mencair dengan kedatangan Bupati Pekalongan, H Asip Kholbihi bersama Dinas terkait yang menjadi mediator supaya tuntutan warga disepakati oleh PT SMJ.

"Saya prinsipnya setuju supaya jalan diperbaiki. Karena di sini ada dua kepentingan yang harus jalan bareng, yaitu kepentingan nasional untuk pembangunan jalan tol berjalan, begitu pula kepentingan warga terpenuhi, terutama keselamatan warga terjaga," terangnya.

Diakui, karena sudah berulang kali Pemda minta jalan rusak imbas pembangunan tol secara bertahap diperbaiki namun itu hanya janji- janji belaka.

"Kemarin saya selaku bupati juga diapusi (dibohongi), untuk itu sekarang benar - benar akan saya kawal. Kebetulan jalan Bojong Wiradesa ini milik Provinsi, kalau milik pemda langsung kita perbaiki," tandasnya di depan warga.

Buntut tewasnya seorang mahasiswi yang tewas terlindas truk di jalan berlubang, ratusan warga memblokir akses jalan truk proyek tol.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News