Maju di Jatim V, Surya Tjandra Berpeluang Lolos ke Senayan

Maju di Jatim V, Surya Tjandra Berpeluang Lolos ke Senayan
PSI. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur V diprediksi akan banyak diisi oleh calon anggota legislatif (caleg) pendatang baru. Sejumlah nama berpeluang lolos ke Senayan, mulai dari kalangan artis, pengurus partai politik (parpol), hingga aktivis perburuhan.

Survei Y-Publica juga memperlihatkan hanya beberapa orang caleg petahana yang mampu bertahan di delapan besar. Di antara sejumlah caleg petahana, elektabilitas tertinggi diraih oleh Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) asal PDIP, Ahmad Basarah.

Tingkat keterpilihan Ahmad Basarah mencapai 12,1 persen, mengungguli baik caleg petahana maupun caleg-caleg pendatang baru.

“Selain Ahmad Basarah, caleg petahana yang berpeluang terpilih kembali hanya Kresna Dewanata Phrosakh, Nurhayati Ali Assegaf, dan Ridwan Hisjam,” ungkap Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono dalam siaran pers di Jakarta, pada Jumat (1/3).

Kresna (NasDem) meraih elektabilitas 10,3 persen, Nurhayati (Demokrat) 5,5 persen, dan Ridwan (Golkar) 5,1 persen.

Caleg-caleg petahana lainnya diperkirakan bakal tergusur oleh wajah-wajah baru di dapil yang meliputi Malang Raya tersebut. Nama yang paling mencuat adalah artis Krisdayanti yang maju melalui PDIP (7,4 persen).

“Sebagai diva Indonesia kelahiran Malang, Krisdayati berpeluang kuat melenggang ke Senayan berkat popularitas dan tanah kelahirannya,” tutur Rudi.

Nama lain yang cukup menonjol adalah pegiat hak-hak buruh Surya Tjandra, yang maju dengan bendera PSI (5,8 persen). Menurut Rudi, selain pengalaman aktivisme yang menjadi magnet bagi Surya, dukungan kelompok minoritas pun terlihat kuat. Demikian pula dengan masifnya pemasangan alat peraga kampanye sebagai alat sosialisasi kepada pemilih.

Caleg PSI Surya Tjandra jadi salah satu pendatang baru yang diperhitungkan di Dapil Jatim V

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News