Makanan yang Harus Dihindari Penderita Vertigo

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Vertigo
Sakit kepala. ILUSTRASI. Foto: Virginmediatelevision

jpnn.com - Vertigo merupakan keluhan pusing berputar yang sering terjadi secara mendadak.

Makanan yang harus dihindari penderita vertigo

Faktanya, tidak semua jenis penyakit penyebab vertigo memiliki kaitan dengan pengaturan makanan. Oleh sebab itu, pembatasan jenis makanan hanya berlaku untuk vertigo akibat penyakit-penyakit tertentu saja. Seperti vertigo akibat penyakit Meniere (gangguan pada telinga bagian dalam) dan vertigo yang berkaitan dengan migrain.

Pada dua kelompok itu, pembatasan jenis makanan tertentu akan memberikan manfaat pencegahan kambuhnya vertigo. Bagi Anda penderita vertigo, berikut adalah jenis-jenis makanan yang sebaiknya dihindari:

  • Makanan dan minuman yang memiliki kandungan gula terlalu tinggi. Pilihan jenis karbohidrat yang sebaiknya dimakan adalah yang bersifat karbohidrat kompleks, misalnya gandum utuh. Untuk camilan dan minuman, sebaiknya hindari yang mengandung gula sederhana (seperti gula pasir dan sirup fruktosa).
  • Asupan makanan yang banyak mengandung garam. Garam bisa memengaruhi kadar air dalam tubuh serta pengaturannya.
  • Kurangi konsumsi kafein. Kafein merupakan salah satu stimulan yang bisa memicu denging yang lebih besar di telinga. Selain itu, karena kafein memiliki sifat diuretik, tubuh bisa kehilangan banyak cairan lewat urine.
  • Batasi konsumsi alkohol karena dapat memengaruhi komposisi cairan di telinga dalam.
  • Bagi penderita vertigo yang berasosiasi dengan migrain, hindari berbagai makanan yang dapat memicunya. Umumnya, setiap orang memiliki kecenderungan pencetus makanan yang berbeda. Namun secara umum, beberapa makanan yang sebaiknya dihindari adalah anggur merah, hati ayam, daging asap, yoghurt, buah sitrus, keju, susu, dan kacang.
  • Terakhir, hindarilah rokok. Sebab, nikotin dapat mempersempit pembuluh darah. angguan vestibular – organ di telinga dalam, bertugas untuk keseimbangan – bisa  mencetuskan gejala vertigo berat ketika mengalami penyempitan pembuluh darah akibat rokok

Perlu diketahui bahwa setiap penderita vertigo memiliki pantangan makanan tertentu yang berbeda-beda. Untuk itu, konsultasikanlah hal tersebut terlebih dahulu kepada dokter yang merawat Anda. Selain itu, cara sederhana yang bisa Anda lakukan dengan segera adalah selalu cukupi kebutuhan cairan Anda setiap hari, untuk menghindari pemicu pusing hingga vertigo.(HNS/RVS/klikdokter)


Faktanya, tidak semua jenis penyakit penyebab vertigo memiliki kaitan dengan pengaturan makanan. Oleh sebab itu, pembatasan jenis makanan hanya berlaku untuk vertigo akibat penyakit-penyakit tertentu saja.


Redaktur & Reporter : Yessy

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News