Makin Panas, Israel Tembak Jatuh Sukhoi Syria

Makin Panas, Israel Tembak Jatuh Sukhoi Syria
Jet tempur Sukhoi milik Syria. Foto: Reuters

jpnn.com, JERUSALEM - Hubungan Israel dan Syria kian tegang. Selasa (24/7) Israel menembak jatuh pesawat tempur Syria. Belum diketahui kondisi si pilot.

Negara yang dipimpin Presiden Bashar Al Assad itu menuding Israel melakukannya dengan sengaja. Versi Syria, pesawat tersebut tengah dalam misi menyerang kelompok militan di Saida.

’’Israel mengonfirmasi dukungannya untuk kelompok-kelompok teroris dan menjadikan pesawat tempur kami sebagai sasaran.” Demikian bunyi pernyataan tertulis militer Syria seperti dilansir kantor berita SANA.

Pada saat kejadian, pesawat itu berada di wilayah udara Syria. Tetapi, tidak demikian menurut Israel. Jubir militer Israel (IDF) mengatakan bahwa jet tempur itu melintas 2 kilometer di atas wilayah Golan Heights di sisi Israel. Karena itu, IDF langsung meluncurkan misil patriotnya untuk melumpuhkan pesawat tersebut.

Reuters melaporkan bahwa saat pesawat Sukhoi itu jatuh, tidak terlihat adanya parasut. Biasanya, jika pilot berhasil menekan kursi pelontar, dia akan menyelamatkan diri dengan parasut. Yang terdengar hanyalah bunyi sirene yang meraung-raung karena alarm peringatan bahaya terpicu oleh ledakan.

Sejak Israel ketahuan membantu kelompok White Helmets keluar dari Syria menuju Jordania, Senin (23/7) dua misil Syria mengarah ke Israel. Misil tersebut bisa dilumpuhkan dan jatuh di wilayah perbatasan. (sha/c7/hep)


Hubungan Israel dan Syria kian tegang. Selasa (24/7) Israel menembak jatuh pesawat tempur Sukhoi milik Syria


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News