Makin Panas! Jepang Kirim Kapal Perang

Makin Panas! Jepang Kirim Kapal Perang
Izumo. Foto: AFP

jpnn.com - Korea Utara (Korut) mengecam latihan gabungan (latgab) militer Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS) di Laut Jepang.

Kecaman Korut membuat Negeri Sakura itu sibuk. Kemarin (30/4) Perdana Menteri (PM) Shinzo Abe mengerahkan Izumo ke lokasi latgab.

Kapal perang yang dilengkapi dengan tujuh helikopter tempur dan dua helikopter SAR itu bertugas mengawal kapal logistik AS.

’’Izumo akan bertolak dari Pelabuhan Yokosuka Senin besok (hari ini),” terang pejabat pemerintah Jepang sebagaimana diberitakan harian Asahi Shimbun kemarin.

Dari pelabuhan yang terletak di sisi selatan Kota Tokyo itu, Izumo akan berlayar menuju lokasi kapal logistik AS. Selanjutnya, Izumo mengawal kapal tersebut ke wilayah barat Samudra Pasifik.

Saat ini unit tempur AS yang dipimpin USS Carl Vinson menggelar latgab di kawasan barat Samudra Pasifik.

Tepatnya, di Laut Jepang. Washington tidak menyebut secara khusus bahwa kapal logistik AS itu bakal mengirimkan suplai untuk USS Carl Vinson.

Namun, kapal induk bertenaga nuklir itu menjadi satu-satunya armada AS yang sedang aktif di kawasan tersebut.

Korea Utara (Korut) mengecam latihan gabungan (latgab) militer Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS) di Laut Jepang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News