Makin Panas! Korut Pamerkan Misil Baru di Perayaan Ultah Kim Il-sung

Makin Panas! Korut Pamerkan Misil Baru di Perayaan Ultah Kim Il-sung
Salah satu rudal baru Korea Utara dipamerkan dalam parade hari ulang tahun Kim Il Sung. Foto: Reuters

jpnn.com - Korea Utara (Korut) tidak mau kalah oleh Amerika Serikat (AS). Mereka ikut unjuk kekuatan armada militernya.

Dalam parade militer untuk memperingati ulang tahun mendiang pendiri Korut Kim Il-sung ke-105, Sabtu (15/4), Kim Jong-un menunjukkan persenjataan barunya.

Menurut beberapa analis, dua di antara senjata tersebut adalah misil balistik interkontinental (ICBM) jenis baru. Misil jenis itu mampu menjangkau AS dan negara-negara Eropa.

Namun, diduga itu baru konsep atau masih dikembangkan. Sebab, selama ini Pyongyang belum pernah menguji coba senjata tersebut.

Pemimpin tertinggi Korut itu sengaja pamer agar dunia tahu kekuatannya. Karena itulah, dia mengundang jurnalis dari berbagai negara untuk meliput acara yang juga disebut sebagai Hari Matahari tersebut.

Tema parade itu mungkin tentang misil. Sebab, senjata penghancur tersebut cukup mendominasi. Kim bahkan menyempatkan diri menyapa pemimpin militer yang bertanggung jawab untuk masalah misil.

ICBM milik Korut itu seakan menjadi jawaban atas pengiriman kapal induk USS Carl Vinson ke perairan yang membatasi Korut dan Korea Selatan (Korsel). Langkah Donald Trump itu membuat Kim marah besar.

’’Vinson dikirim untuk menyampaikan pesan (agar Korut tidak macam-macam Red). Korut membalas dengan memamerkan perangkat misil terbaru yang belum pernah kita lihat dalam parade-parade sebelumnya,’’ ujar Melissa Hanham, peneliti senior di James Martin Center for Nonproliferation Studies di California, AS.

Korea Utara (Korut) tidak mau kalah oleh Amerika Serikat (AS). Mereka ikut unjuk kekuatan armada militernya.

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News