Malas Keluar Rumah Buat Kirim Barang, Pakai Mobil Ini Aja

Malas Keluar Rumah Buat Kirim Barang, Pakai Mobil Ini Aja
Mobil otonom Nuro untuk bisnis kurir. (Foto: Nuro/JPNN)

jpnn.com, LOS ANGELES - Jika Anda malas keluar rumah sekadar mengantar barang, kini tak perlu cemas. Karena perusahaan retail raksasa Kroger dengan perusahaan rintisan telah membuat mobil self-driving (otonom) bernama Nuro guna membantu jasa pengiriman.

Mulai 16 Agustus lalu, kedua perusahaan itu memperkenalkan mobil otonom berukuran kompak yang dapat mengantarkan barang dari satu tempat ke tempat lain.

Caranya pun mudah, masyarakat cukup menekan tombol pada kendaraan untuk menentukan lokasi pengantaran dan kendaraan mungil itu pun melaju ke tempat tujuan tanpa dikemudikan orang.

Program percontohan itu baru beroperasi di area Scottsdale, Arizona, dan konsumen dapat memilih waktu pengantaran barang pesanan mereka, yakni untuk hari yang sama atau keesokan harinya.

Untuk biaya pengantaran dipatok sebesar $5,95 atau sekitar Rp 86.000, dan mobil otonom Nuro akan segera mengantar pesanan tepat di depan pintu rumah tujuan. Setelah itu, konsumen akan memilih kode tertentu untuk membuka pintu mobil dan mengambil barang pesanan.

Meski kedua perusahaan tengah menggarap mobil mungil yang memiliki dua kompartemen dan dapat menampung sekitar enam tas barang, tapi proyek percontohan yang sudah dijalankan ini masih menggunakan Toyota Prius yang dirancang sedemikian rupa pada kompartemennya.

"Untuk model Prius masih menggunakaan software dan hardware yang dibenamkan dengan kendaraan R1, sehingga ketika kami menyelesaikan sertifikasi dan pengujian akhir dari R1, Prius akan mulai mengirimkan barang dan membantu kami meningkatkan layanan dan pengalaman pelanggan secara keseluruhan," ujar juru bicara Nuro kepada Tech Crunch lansir Carscoops, Senin (20/8).

Kedua perusahaan melihat program percontohan ini sebagai cara untuk mempercepat pengembangan kendaraan mobil tanpa pengemudi.

Jika Anda malas keluar rumah sekadar mengantar barang, kini tak perlu cemas karena dua perusahaan retail telah mengembangkan mobil otonom mendukung bisnis kurir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News