Malaysia Membalik Merah Putih di Brosur SEA Games, Ini Reaksi Jokowi

Malaysia Membalik Merah Putih di Brosur SEA Games, Ini Reaksi Jokowi
Presiden Joko Widodo bersama Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan serta Menteri Tata Ruang dan Agraria Sofyan Djalil di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (20/8). Foto: Biro Pers Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo telah menerima informasi tentang lambang Merah Putih yang tercetak dalam kondisi terbalik pada brosur SEA Games 2017 Kuala Lumpur. Presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi itu pun menyesalkan insiden tersebut.

"Kita sangat menyesalkan kejadian seperti itu," katanya ketika ditanyai awak media usai menyerahkan sertifikat hak atas tanah di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu, (20/8).

Jokowi pun menantikan klarifikasi resmi sekaligus permintaan maaf Pemerintah Malaysia. Menurutnya, persoalan bendera sudah menyangkut nasionalisme.

"Kita menunggu permintaan maaf dari pemerintah Malaysia karena ini menyangkut sebuah kebanggaan nasionalisme dari bangsa kita Indonesia," tutur mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Meski demikian pria asal Solo itu mengharapkan semua pihak tetap tenang dalam menghadapi persoalan tersebut. "Tidak usah dibesar-besarkan," pungkas Jokowi.

Seperti diketahui, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi geram ketika melihat booklet SEA Games 2017 Kuala Lumpur yang menampilkan bendera Merah Putih dalam kondisi terbalik. Menurutnya, Pemerintah Indonesia pasti bersikap soal kecerobohan Malaysia dalam mencetak bendera Merah Putih.

“Saya terkejut setelah melihat bendera Indonesia dalam posisi terbalik. Kami akan melakukan koordinasi dengan Menko PMK untuk langkah selanjutnya,” tegasnya.(dna/JPC/fat/JPNN)


Presiden Joko Widodo telah menerima informasi tentang lambang Merah Putih yang tercetak dalam kondisi terbalik pada brosur SEA Games 2017 Kuala Lumpur.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News