Maldistribusi Tenaga Kesehatan Masih Jadi Masalah Besar

Maldistribusi Tenaga Kesehatan Masih Jadi Masalah Besar
Dokter. dok. Pixabay

jpnn.com - Hingga saat ini, Indonesia memiliki permasalahan maldistribusi tenaga kesehatan. Untuk itu, dibutuhkan terobosan dalam bidang penguatan layanan kesehatan.

Salah satunya dengan mengirimkan tenaga kesehatan melalui program Nusantara Sehat ke daerah tertinggal, perbatasan, dan kepulauan.

”Dahulu ada inpres (instruksi presiden) yang mewajibkan tenaga kesehatan ke daerah. Tapi di era demokrasi inpres tersebut sudah tidak ada. Maka, betapa sulitnya kita melakukan pemerataan, tapi bagaimanapun pemerataan terus kita upayakan. Sejak dua tahun lalu, Kemenkes (Kementerian Kesehatan) telah mulai mengirimkan tenaga kesehatan yang bersedia mengabdi di daerah perifer, kelebihannya mereka berbasis tim," ujar Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek di Public Expose Nusantara Sehat yang bertajuk ‘Membangun Kesehatan Indonesia dari Pinggiran’ di Jakarta, Kamis (12/1).

Dia menambahkan, pelibatan kaum muda untuk pembangunan kesehatan melalui Nusantara Sehat dianggap dapat mengisi kekurangan yang tengah terjadi di daerah.

Jiwa muda para anggota tim Nusantara Sehat tidak hanya dinilai mampu dapat memberikan alternatif solusi masalah kesehatan.

Pemuda juga dilihat Nila membawa inovasi pengembangan masyarakat di wilayah tempat mereka berkarya.

Menkes juga menekankan pihaknya tak bisa bekerja sendirian membangun sektor kesehatan di wilayah perbatasan negara. Kolaborasi program bersama kementerian lain dan menurunkan ego sektoral sangat dibutuhkan.

Sebab, integrasi dan dukungan pihak-pihak terkait sangat penting menentukan lokus intervensi program dari kementerian dan lembaga yang turun mengurusi masalah ini.

 Hingga saat ini, Indonesia memiliki permasalahan maldistribusi tenaga kesehatan. Untuk itu, dibutuhkan terobosan dalam bidang penguatan layanan

Sumber Indopos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News