Manfaat Mandi Air Dingin dan Air Hangat

Manfaat Mandi Air Dingin dan Air Hangat
ILUSTRASI. FOTO: India Times

jpnn.com - Mandi merupakan kebutuhan sehari-hari, tidak hanya untuk membersihkan diri kita dari hari yang melelahkan tetapi sebagai cara menjalani hidup sehat. Tapi sedikit yang tahu bahwa waktu yang Anda ambil untuk mandi dan suhu air di mana Anda mandi memiliki banyak manfaat kesehatan mental dan fisiologis.

Berikut ini manfaat mandi air hangat dan air dingin, seperti dilansir laman India Times, Senin (12/10).

1. Manfaat mandi air hangat

Tidak hanya panas membangunkan kita, mandi air hangat juga bisa mencegah pilek dan gejala flu karena uap air naik melalui rongga hidung dan bertindak sebagai dekongestan. Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa orang tua Anda menyarankan mandi setelah sesi stres belajar atau bekerja? Itu karena mandi dengan air hangat melemaskan otot-otot Anda dan mengurangi ketegangan tubuh.

Air panas membuka pori-pori kulit yang memungkinkan racun akan mudah dihilangkan dengan menggosok.

2. Air dingin

Mandi dingin terdengar seperti ide yang mengerikan dan menakutkan ketika Anda bangun dipagi hari, tetapi mereka benar-benar membangunkan Anda dengan meningkatkan kewaspadaan dan membebaskan pikiran Anda. Selain itu, mandi air dingin meningkatkan sirkulasi darah yang membuat jantung sehat dan membersihkan penyumbatan pembuluh darah.

Jika Anda merasa down, mandi dingin meringankan depresi dengan mengaktifkan impuls listrik di ujung saraf.(fny/jpnn)


Mandi merupakan kebutuhan sehari-hari, tidak hanya untuk membersihkan diri kita dari hari yang melelahkan tetapi sebagai cara menjalani hidup sehat.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News