Manfaat Sarapan untuk Kesehatan Anda

Manfaat Sarapan untuk Kesehatan Anda
ILUSTRASI Sarapan. Foto: India Times

jpnn.com - Salah satu manfaat sarapan pagi adalah sebagai sumber energi. Layaknya mobil, Anda butuh juga ‘bahan bakar’ untuk mengembalikan energi setelah tidur malam yang panjang dan menyebabkan perut menjadi kosong. 

Ini menjadi alasan mengapa sarapan sangat penting untuk memulai hari Anda.

Orang dewasa yang secara teratur sarapan sehat setiap pagi, lebih mungkin mengonsumsi cukup vitamin dan mineral, mengontrol berat badan dan hanya sedikit makan lemak dan kolesterol. 

Sedangkan sarapan sehat yang dilakukan secara rutin oleh anak-anak bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian mereka, menjaga berat badan yang sehat, berkonsentrasi lebih baik serta membuat anak jarang absen di sekolah.

Temuan terbaru mengungkapkan bahwa 26,7 persen orang yang melewatkan sarapan mengalami obesitas, dibandingkan dengan 10,9 persen dari mereka yang sering sarapan.

Bahkan, studi ini juga menemukan bahwa mereka yang melewatkan sarapan mereka memiliki pinggang rata-rata 97,5 cm, 9,8 cm lebih besar daripada mereka yang sarapan lima hingga tujuh kali seminggu, bahkan ketika usia, jenis kelamin dan massa tubuh dipertimbangkan.

"Konsumsi sarapan yang jarang dikaitkan dengan indeks obesitas sentral dan kenaikan berat badan, dengan asosiasi ini menjadi lebih jelas pada individu yang tidak pernah sarapan," kata peneliti yang dipimpin Kevin Smith dari Mayo Clinic di AS, seperti dilansir laman India Times, Rabu (26/7).

"Temuan kami pada orang dewasa yang sehat konsisten dengan pengamatan sebelumnya pada orang muda, menguatkan konsep bahwa konsumsi teratur makanan ini merupakan kontributor penting dan independen dari berat badan sehat pada semua usia," jelas Smith.

Melewatkan sarapan juga bisa memicu 'sindrom metabolik'. Ini pada dasarnya berarti bahwa tubuh Anda cenderung menumpuk lemak saat kelaparan selama jangka waktu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News