Marah Besar, Warga Kongo Hancurkan Kantor Konsulat Afsel

Marah Besar, Warga Kongo Hancurkan Kantor Konsulat Afsel
Aksi massa. ILUSTRASI. Foto: Pixabay.com

jpnn.com - Warga Republik Demokratik Kongo merusak Konsulat Afrika Selatan di Lubumbashi. Aksi ini merespons serangkaian kekerasan oleh warga Afsel terhadap pendatang dari negara-negara Afrika lainnya.

Dilansir dari Al Jazeera, pengunjuk rasa menghancurkan jendela-jendela konsulat Afrika Selatan dan menyerang toko milik warga. 

Pada awalnya, sekelompok warga Kongo hanya melakukan kampanye di luar konsulat Afrika Selatan. Namun situasi berubah menjadi tak terkendali. Akhirnya para pengunjuk rasa menghancurkan jendela-jendela gedung.

Tidak hanya itu, pengunjuk rasa juga menyerang dan menjarah toko ritel milik warga Afrika Selatan, MRP. Merespons insiden ini, polisi langsung turun tangan membubarkan masa yang membuat beberapa orang terluka.

Pekan lalu, unjuk rasa yang dipicu oleh xenophobia warga Afrika Selatan terjadi di Johannesburg. Aksi ini berubah rusuh dan menewaskan sedikitnya tujuh orang dan menghancurkan properti serta bisnis milik asing. (rmol/dil/jpnn)


Warga Republik Demokratik Kongo merusak Konsulat Afrika Selatan di Lubumbashi. Aksi ini merespons serangkaian kekerasan oleh warga Afsel terhadap pendatang dari negara-negara Afrika lainnya.


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News