Marc Marquez Ditunggu Rekor Lagi di MotoGP Amerika

Marc Marquez Ditunggu Rekor Lagi di MotoGP Amerika
Marc Marquez. Foto: motogp.com

jpnn.com, AUSTIN - Kehebatan Marc Marquez sebagai pembalap MotoGP tidak perlu diragukan lagi, khususnya di MotoGP Amerika.

Rider Repsol Honda itu telah menciptakan sejumlah rekor. Potensi rekor selanjutnya bakal terwujud di Circuit of the Americas (COTA) Minggu (14/4) akhir pekan ini.

Pembalap 26 tahun itu sejauh ini mencatatkan diri sebagai pembalap yang paling sering menjuarai balapan di Amerika Serikat. Total sudah 12 kemenangan dia ciptakan, berlangsung di tiga sirkuit berbeda. Khusus di COTA, dia sudah menorehkan enam kemenangan di ajang MotoGP, sepanjang enam musim terakhir.

Lalu, di Indianapolis Motor Speedway, Marquez mendulang tiga gelar MotoGP (2013, 2014, 2015) dan dua kali di Moto2 (2011, 2012). Satu kemenangan lainnya tercipta pada musim MotoGP 2013 di Laguna Seca.

(Baca Juga: Penghormatan Terakhir Buat Nicky Hayden)

Nah, satu kemenangan yang berpotensi diciptakan Marquez nantinya akan membuat dia sejajar dengan legenda, Giancomo Agostini. Mantan pembalap Italia itu menorehkan 13 kemenangan beruntun di Sirkuit Imatra, Finlandia. Yakni delapan kemenangan pada kelas 500cc (1966-1973) dan lima kali gelar 350 cc (1969-1973).

Melihat kebangkitan Marquez pada GP Argentina dua pekan lalu, kans tersebut teramat besar. Di awal musim 2019, partner Jorge Lorenzo itu memimpin klasemen sementara dengan 45 poin. Dia mengungguli Andrea Dovizioso (Ducati) yang mengemas 41 poin dan pembalap veteran Valentino Rossi (Yamaha) dengan 31 poin.

Pacuan tiga rider tersebut berpeluang kembali terwujud. Merujuk track record yang ada, sejarah tentu masih berpihak kepada Marquez. Rossi hanya mampu dua kali mendulang kemenangan di Indianapolis dan Laguna Seca. Yakni ketika dia menggamit gelar juara dunia musim 2008 silam.

Balapan seri ketiga di 2019, MotoGP Amerika akan digelar di Circuit of the Americas (COTA) Minggu (14/4).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News