Marquez Buka Rahasia Kemenangannya di MotoGP Ceko

Marquez Buka Rahasia Kemenangannya di MotoGP Ceko
Marc Marquez. Foto: crash

jpnn.com, BRNO - Kemenangan Marc Marquez dalam MotoGP Ceko di Automotodrom, Brno, Minggu (6/8) malam WIB, diwarnai perjudian si rider Repsol Honda itu mengambil risiko di lap awal.

Race di Brno dimulai dengan kondisi lembap. Si Bayi Alien yang menempati pole position memilih ban belakang soft. Marquez menjadi pembalap di barisan depan yang memakai ban itu, yang lain memilih medium.

"Ini adalah hari Minggu yang sulit. Sebelum start, semua (di pit) diam dan ragu. Tiba-tiba saya bilang 'pasang ban soft di belakang'. Saya punya rencana memaksimalkan motor di empat atau lima putaran pertama lalu ganti motor saat mulai kering. Ternyata keputusan saya itu salah," kata Marquez di laman Crash.

Lepas start, Marquez kehilangan posisi pole-nya. Ban belakangnya bikin masalah, terlalu banyak berputar. Namun Marquez tak kehilangan akal.

Cerdas! Saat dia sadar telah salah pilih ban dan terus melorot saat baru dua lap, dia tak berpikir dua kali lagi untuk masuk pit, bahkan tanpa disadari pembalap lainnya.

"Saya masuk (pit) sedikit lebih awal, tapi saya tahu itu satu-satunya kesempatan yang saya miliki. Saya mengganti motor dengan ban slick (licin)," ujarnya.

Marquez keluar dari pit dengan lebih percaya diri, meski posisinya masih jauh tertinggal di belakang. Banyak pembalap yang belum mengganti motor. "Saya terus memanaskan ban dengan baik, saya belum peduli dengan lap. Namun kemudian saya melihat tim memberi tahu 'P1 (posisi 1) +18 atau +20'. Lalu sinar matahari datang dan semuanya jelas. Saya membaik dan mulus sampai finis," kata Marquez.

Keberanian dan kecerdasan Marquez berbuah finis pertama, sekaligus menambah jarak dengan Maverick Vinales di klasemen sementara.

Kemenangan Marc Marquez dalam MotoGP Ceko di Automotodrom, Brno, Minggu (6/8) malam WIB, diwarnai perjudian si rider Repsol Honda itu mengambil risiko

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News