Marzuki Alie Dicurigai Hambat Angket Century

Marzuki Alie Dicurigai Hambat Angket Century
Marzuki Alie Dicurigai Hambat Angket Century
JAKARTA - Ketua DPR Marzuki Alie  dicurigai berupaya menghambat usulan penggunaan hak angket soal dana talangan sebesar Rp 6,7 trilyun untuk Bank Century. Salah seorang inisiator hak angket, Maruarar Sirait, mengaku curiga terhadap upaya untuk menghambat pembahasan angket Century lantaran usulan angket yang sudah ditandatangani ratusan lebih dari 200 anggota itu tidak masuk dalam agenda Rapat paripurna DPR hari ini.

Padahal, pembacaan usulan penggunaan hak angket sudah diterima pimpinan DPR sejak pekan lalu. Dalam rapat paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso dan Pramono Anung, pembacaan usulan penggunaan hak angket tidak diagendakan karena Ketua DPR Marzuki Alie tengah berada di New York, Amerika Serikat menghadiri Inter Parliamentary Union (IPU).

“Kami curiga adanya upaya penghambatan oleh Ketua DPR, seperti pada kasus pemanggilan Menkes oleh Komisi IX. Kalau seperti ini mekanismenya, kami siap menggalang dukungan untuk menggulingkan Ketua DPR, siapapun orangnya,” tegas Maruarar Sirait di Gedung DPR, Senayan Jakarta, Selasa (17/11).

Tidak masuknya angket Century dalam agenda paripurna mengakibatkan terjadinya perang interupsi. anggota Fraksi PDIP DPR, Aria Bima, langsung mengajukan interupsi ketika paripurna dibuka dan tidak ada agenda pembahasan angket Century. Salah seorang inisiator angket ini mempertanyakan alasan tidak diagendakannya pembacaan usul hak angket Century oleh pimpinan DPR. “Mengapa surat pengajuan angket Century belum diagendakan untuk dibacakan di sini?” tanya Aria Bima.

JAKARTA - Ketua DPR Marzuki Alie  dicurigai berupaya menghambat usulan penggunaan hak angket soal dana talangan sebesar Rp 6,7 trilyun untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News