Masuk Musim Hujan, ini 4 Langkah Agar Tubuh Tetap Fit

Masuk Musim Hujan, ini 4 Langkah Agar Tubuh Tetap Fit
Ilustrasi. FOTO : Pixabay

jpnn.com, SURABAYA - Musim telah berganti. Di beberapa daerah, kini mulai mengalami hujan dalam intensitas tinggi. Nah, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar tubuh tetap fit di musim penghujan.

Nutrition specialist Youvit, Rachel Olsen membaginya dalam empat langkah. Langkah pertama adalah selalu dekat dengan teman terbaik tubuh, yakni air putih. ”Tidak salah kalau elemen sederhana ini disebut sebagai teman terbaik untuk tubuh kita. Kenapa? Pertama, bisa membantu memelihara fungsi organ dalam tubuh agar tetap stabil. Kedua, bisa secara alami mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Menariknya lagi, air putih bisa juga menurunkan berat badan lho! Tidak usah pikir dua kali,” katanya.

Langkah kedua adalah dengan rutin berolahraga. Selain menjaga kesehatan tubuh, olahraga dipercaya juga ampuh membuat mood menjadi lebih baik. Pasalnya, ketika berolahraga tubuh akan menstimulasi zat tertentu pada otak yang dapat membuat seseorang menjadi lebih bahagia dan santai.

Masuk Musim Hujan, ini 4 Langkah Agar Tubuh Tetap Fit

”Ayo mulai untuk olahraga minimal 150 menit per minggu. Tidak perlu yang berat, bisa berupa squat, plank, sit-up, push-up, maupun jogging,” kata dia.

Hal lain yang harus mendapat perhatian adalah tidur malam secara efektif. Ketika tidur, tubuh akan mengeluarkan senyawa sitokin yang merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh. Jika senyawa ini tidak dimiliki secara cukup, maka tubuh akan lebih rentan terhadap penyakit. Jadi, usahakan selalu tidur minimal 7 jam sehari, agar bisa menghadapi pagi dengan lebih fresh.

Langkah terakhir menurut Rachel adalah dengan rutin mengonsumsi sayur, makanan tinggi antioksidan, dan multivitamin. Dia juga mengatakan bahwa antioksidan banyak ditemukan pada vitamin C & E yang mampu menangkal radikal bebas. “Kemudian jangan jadikan multivitamin sebagai pengganti obat ketika sudah sakit. Sebaiknya, vitamin dikonsumsi rutin setiap hari,” jelasnya. (JPNN/pda)

 


Kedua, bisa secara alami mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Menariknya lagi, air putih bisa juga menurunkan berat badan lho! Tidak usah pikir dua kali


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News