Mau Lebih Puas? Ambil Paket 7 Hari 6 Malam

Mau Lebih Puas? Ambil Paket 7 Hari 6 Malam
Turis menyaksikan Cheetah memanjat pohon di Masai Mara. Foto: TOMY C. GUTOMO/JAWA POS

jpnn.com - Juli–Oktober adalah bulan yang tepat untuk bersafari ke Masai Mara. Saat itulah hewan-hewan bermigrasi ke sana. Selama dua hari, wartawan Jawa Pos Tomy C. Gutomo menjelajahi taman nasional itu dan menginap di sebuah kamp di sana.
---
BELUM ke Afrika kalau tidak bersafari. Ada puluhan taman nasional di Kenya yang bisa digunakan untuk bersafari. Namun, tempat bersafari yang paling legendaris di Kenya adalah Masai Mara di wilayah Narok, Provinsi Rift Valley.

Letaknya sekitar 300 kilometer arah barat daya Nairobi, ibu kota Kenya. Nama Masai Mara didedikasikan bagi suku Masai yang banyak tinggal di sekitar kawasan tersebut dan dianggap berjasa melindungi kelestarian alam di sana.

Dari Nairobi, untuk sampai Masai Mara, harus berkendara hampir tujuh jam. Jaraknya sebenarnya hanya sekitar 300 km.

Dari Nairobi ke pusat Kota Narok, perjalanan ditempuh dalam tiga jam. Jalannya mulus dan tidak macet. Rombongan tur biasanya berhenti di Narok untuk makan dan mengisi BBM.

Dari pusat Kota Narok ke Oloolaimutia Gate, jalannya tanah berbatu. Hanya mobil gardan ganda 4x4 yang bisa melintasinya. Selain itu, pengemudinya harus berpengalaman.

Beberapa jembatan sudah tidak utuh. Sangat tidak disarankan melewati jalur tersebut pada malam hari. Sebab, tidak ada penerangan sama sekali di sepanjang jalan.

Banyak biro travel yang menyediakan jasa bersafari ke Masai Mara. Karena musim liburan, harga paket safari ke Masai Mara juga melambung. Kalau biasanya yang termurah USD 200–250, untuk Juli–Oktober minimal USD 300 per orang.

Paketnya meliputi mobil van PP, tiket masuk Masai Mara National Reserve dua kali, dan menginap semalam di kamp. Kalau mau lebih nyaman, ada paket yang naik pesawat, menginap di hotel, dan naik mobil Land Rover.

Juli–Oktober adalah bulan yang tepat untuk bersafari ke Masai Mara. Saat itulah hewan-hewan bermigrasi ke sana. Selama dua hari, wartawan Jawa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News