Mau Memahami Keraton Yogya? Kunjungi Saja Situs Ini

Mau Memahami Keraton Yogya? Kunjungi Saja Situs Ini
Sri Sultan Hamengku Buwono X. Foto: Radar Jogja

jpnn.com - jpnn.com - Wisatawan semakin mudah memperoleh informasi mengenai Keraton Ngayogykarta Hadiningrat. Ada situs khsus Keraton Yogyakarta yang telah diluncurkan ke publik pada Selasa (7/3) malam.

Sri Sultan Hamengku Buwono X pula yang secara resmi meluncurkan situs keraton tempatnya bertakhta. Sitis yang beralamat di kratonjogja.id itu diluncurkan di Kagungan Dalem Bangsal Srimanganti Keraton Yogyakarta.

Prosesi peluncuran ditandai dengan memasukkan kata sandi admin kratonjogja.id oleh Sultan HB X. Langkah ini sebagai tanda bahwa situs tersebut kini sudah bisa diakses publik.

Dalam situs resmi itu bisa diperoleh informasi terkini ataupun data mengenai Keraton Yogyakarta. Informasinya tentang sejarah dan kegiatan di keraton hingga kunjungan tamu dan hal lainnya.

Ada pula informasi mengenai biografi para sultan, tata pemerintahan dan lainnya. Sebagaimana situs pada umumnya, kratonjogja.id juga dilengkapi foto-foto.

Sultan HB X dalam sambutannya mengatakan, situs itu bisa menjadi media literasi manuskrip budaya Jawa kuno yang kemudian diterjemahkan ke Bahasa Indonesia sehingga berguna bagi kehidupan masa kini.

"Sehingga untuk mempertemukan barat dan timur, tanpa yg timur kehilangan kepribadiannya, dapat terlaksana. Makna itu bisa tervisualisasi melalui website ini," urainya.

Sedangkan Penghageng Tepas Tandha Yekti Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hayu menceritakan tentang teknologi informasi dan dokumentasi di lingkungan keraton. Sejak 2013, Tepas Tandha Yekti telah mengabadikan berbagai kegiatan di keraton. Selanjutnya pada 2015, mereka hadir di media sosial.

Wisatawan semakin mudah memperoleh informasi mengenai Keraton Ngayogykarta Hadiningrat. Ada situs khsus Keraton Yogyakarta yang telah diluncurkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News